PENGARUH INOVASI ILEARN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ANDALAS

Febriyetti, Zulfitri (2022) PENGARUH INOVASI ILEARN TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PENUTUP/KESIMPULAN)
Penutup.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

E-Learning merupakan suatu inovasi pada bidang pendidikan yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas e-learning yang digunakan adalah iLearn. Mahasiswa dapat diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dengan media pembelajaran seperti iLearn. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh inovasi iLearn terhadap minat belajar mahasiswa Fakultas ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Teori Difusi Inovasi digunakan untuk menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik inovasi iLearn yang diadopsi oleh mahasiswa sebagai media pembelajaran pada keunggulan relatif berada pada kategori unggul, karakteristik keunggulan yang berada pada kategori Unggul (1757), karakteristik kesesuaian dalam proses pembelajaran beradaa pada kategori cukup sesuai (945), pada karakteristik kompleksitas inovasi iLearn menunjukan kategori sedang (968), karakteristik trialbility yang berada pada kategori sedang (673) serta pada karakteristik observability yang berada kategori sedang (900). Kemudian, pada hasil penelitian ini inovasi iLearn memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Besar pengaruh yang diberikan inovasi ILearn terhadap minat belajar mahasiswa berdasarkan nilai R Square sebesar 0.685, artinya 68,5% minat belajar mahasiswa dipengaruhi oleh inovasi iLearn dan 31,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Adopsi , e-Learning, Ilearn, Inovasi, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M, Si Novi Elian, M, Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:26
Last Modified: 27 Dec 2022 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120278

Actions (login required)

View Item View Item