HUBUNGAN SOSIODEMOGRAFI DAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KOGNITIF ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PADANG TIMUR BERDASARKAN COGNITIVE TEST BATTERY FOR INDIVIDUALS WITH OR WITHOUT INTELLECTUAL DISABILITIES (CIID)

DESTRI, LINJANI (2022) HUBUNGAN SOSIODEMOGRAFI DAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KOGNITIF ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PADANG TIMUR BERDASARKAN COGNITIVE TEST BATTERY FOR INDIVIDUALS WITH OR WITHOUT INTELLECTUAL DISABILITIES (CIID). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVR DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (THESIS full)
Tesis dr Destri Linjani (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja kognitif yang buruk pada anak-anak telah terkait dengan beberapa faktor risiko yang terkait dengan sosioekonomi rendah, seperti tingkat pendidikan orang tua dan khususnya pendidikan ibu yang rendah, kekurangan gizi, kekurangan mikronutrien, lingkungan yang kurang menstimulasi anak. CIID memiliki prinsip yang sama dengan tes IQ nonverbal lainnya, berkorelasi baik dengan WISC dan memiliki kualitas psikometri yang sangat baik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sosiodemografi dan status gizi dengan tingkat kognitif anak Sekolah Dasar dengan menggunakan CIID di Kecamatan Padang Timur. Metode: Penelitian menggunakan design cross-sectional yang dilakukan sejak Februari-Mei 2022. Subjek penelitian 123 anak Sekolah Dasar di Padang Timur, kota Padang Hasil: Terdapat hubungan antara status gizi, tingkat pendidikan ibu dan pendapatan keluarga dengan tingkat kognitif anak sekolah dasar Kesimpulan: Faktor yang paling berperan dalam mempengaruhi tingkat kognitif anak adalah status gizi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Asrawati, M. Biomed, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: tingkat kognitif, demografi, status gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:11
Last Modified: 05 Dec 2022 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117707

Actions (login required)

View Item View Item