ALIRAN KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN INFORMASI WEBSITE (Studi Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bangka Selatan)

Neneng, Nurlela (2016) ALIRAN KOMUNIKASI DALAM PENGELOLAAN INFORMASI WEBSITE (Studi Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bangka Selatan). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI .pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar PUstaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
fulln text tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pengelolaan informasi merupakan salah satu kewajiban utama bagi pemerintah daerah maupun pusat untuk mendukung Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, melalui komunikasi dan interaksi yang berkesinambungan dalam lingkungan kerja. Tujuan komunikasi ini untuk menciptakan pengelolaan komunikasi organisasi di lingkungan instansi pemerintah secara efektif dan efisien sesuai prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik. Pengelolaan informasi berkaitan dengan komunikasi organisasi ini dilakukan untuk mengatasi arus informasi yang selalu berubah-ubah terhadap kebijakan di dalam sistem pemerintahan. Komunikasi yang efektif dan timbal balik dalam bentuk komunikasi dua arah dipandang mampu memberikan informasi dan kontribusi bagi instansi Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui aliran komunikasi dalam pengelolaan informasi website di Dihubkominfo Kabupaten Bangka Selatan. Upaya menjawab permasalahan dalam mengelolaan informasi menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi pastisipan, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan dengan model analisis oleh Miles & Hubberman, yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Aliran komunikasi dalam pengelolan informasi website dibahas dari model yang digunakan oleh Pace&Faules, yaitu Komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, dan komunikasi horizontal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran komunikasi di Dihubkominfo dalam pengelolaan informasi website telah berupaya menerapkan konsep komunikasi organisasi. Aliran komunikasi dalam pengelolaan informasi website menghasilkan tingkat koordinasi dan pemahaman bersama. Selain aliran komunikasi dalam pengelolaan informasi berjalan cukup baik, ditemukan adanya gangguan teknis yakni tidak tersedianya jaringan wifi yang mempengaruhi publikasi informasi pada website dan latar pendidikan staf dan pengalaman kerja yang tidak sesuai dengan tugas dan fungsi bidang kominfo di Dihubkominfo Kabupaten Bangka Selatan. Kata kunci: komunikasi organisasi, aliran komunkasi, pengelolaan informasi, website

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Jun 2016 06:26
Last Modified: 28 Jun 2016 06:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item