Rahman, Hidayu (2022) PANDANGAN WISATAWAN DAN TATA KELOLA OBJEK WISATA TELAGA AJAIB TARUSAN KAMANG DI KABUPATEN AGAM. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (174kB) |
|
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (184kB) |
|
Text (BAB V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (40kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Objek wisata Telaga Ajaib Tarusan Kamang terletak di Kabupaten Agam. Dalam beberapa tahun kebelakang, muncul permasalahan menurunnya jumlah kunjungan dari wisatawan ke kawasan objek wisata tersebut. Hal ini tidak terlepas dari baik atau buruknya pengelolaan serta bagaimana pandangan wisatawan terhadap objek wisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pandangan wisatawan terhadap Objek Wisata Telaga Ajaib Tarusan Kamang dan bagaimana tata kelola Objek Wisata Telaga Ajaib Tarusan Kamang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil penelitian mengenai pandangan wisatawan dan tata kelola Objek Wisata Telaga Ajaib Tarusan Kamang. Dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, penyebaran kuissioner dan dokumentasi. Tata kelola pariwisata merupakan bentuk pengaturan hubungan antara pelaku wisata dengan sumber daya wisata, konsumen, pemerintah, pihak-pihak lain yang mempunyai kepentingan terhadap sumber daya wisata yang sama. Dalam tata kelola pariwisata, fungsi manajement harus diterapkan yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling). Ada 4 aspek yang mempengaruhi pariwisata yang harus dikelola dengan baik yaitu atraksi, fasilitas, infrastruktur dan transportasi. Pandangan wisatawan terhadap Objek Wisata Telaga Ajaib Tarusan Kamang belum memberikan tanggapan/pendapat yang baik. Hal ini dapat terlihat dari tanggapan/pendapat wisatawan terhadap 4 aspek yang mempengaruhi pariwisata baik itu Atraksi, fasilitas, infrastruktur dan transportasi yang belum dapat memenuhi kebutuhan dan belum memberikan kepuasan terhadap wisatawan. Hal tersebut juga disebabkan oleh faktor pengelolaan objek wisata Telaga Ajaib Tarusan Kamang yang belum efektif. Dilihat dari prinsip manajemen, meskipun sudah ada perencanaan (planning) dari pengelola dan pemerintah, namun dari segi organizing, actuating dan controlling nya belum berjalan dengan baik.. Disarankan kepada pengelola agar lebih giat dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan sadar wisata dan meningkatkan fasilitas sehingga memberikan kepuasan bagi wisatawan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 pembangunan wilayah |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 03:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 03:57 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/115013 |
Actions (login required)
View Item |