MANAJEMEN KOMUNIKASI RADIO START FM DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR DI DAERAH PANYABUNGAN KOTA MANDAILING NATAL

RIZKA, FADILLAH (2020) MANAJEMEN KOMUNIKASI RADIO START FM DALAM MEMPERTAHANKAN PENDENGAR DI DAERAH PANYABUNGAN KOTA MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I(1).pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
FULL THESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Radio Start FM merupakan salah satu media yang berkembang dan bersaing dengan radio lokal di Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal untuk mempertahankan dan meningkatkan audience/pendengarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan atau strategi dan keahlian untuk mempertahankan pendengar lama dan menarik pendengar radio baru serta strategi komunikasi yang digunakan untuk mempertahankan pendengar dan promosi harus dianalisis. Regulasi sektor penyiaran yang selalu berubah menimbulkan tantangan baru bagi pengelola media penyiaran. Radio Start FM sebagai industri penyiaran membutuhkan kreativitas dan pengetahuan untuk tetap kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi Radio Start FM untuk menarik pendengar dan untuk menganalisis strategi komunikasi Radio Start FM untuk mempromosikan iklan di wilayah Panyabungan Kota Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan Strategi komunikasi yang dilakukan radio Start FM dalam mempertahankan pendengar. Pertama, dengan merumuskan program atau merencanakan program apa yang dibutuhkan oleh para pendengar. Kedua, strategi membangun kebiasaan dengan cara memberikan penjadwalan yang tepat kepada pendengar mampu membangun kebiasaan dengan hanya menetapkan waktu yang tepat ketika menikmati suatu program. Ketiga, Strategi daya tarik minat pendengar radio. Keempat, Strategi pemanfaatan digital dan media sosial. Strategi yang digunakan dalam promosi iklan di daerah Panyabungan Kota Mandailing Natal dengan cara memakai ciri khas lokal radio Start FM, menjalin kerjasama dengan pemerintah maupun pengusaha setempat dengan memberikan proposal penawaran iklan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ernita Arif.M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi, Radio Start FM, Pendengar, Promosi.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:06
Last Modified: 14 Oct 2022 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/114489

Actions (login required)

View Item View Item