HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PENGGUNA DAN PEMILIHAN PLATFORM APLIKASI TELEKONSULTASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN TELEMEDICINE DI SUMATERA BARAT

Suci, Dwi Ananda (2022) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PENGGUNA DAN PEMILIHAN PLATFORM APLIKASI TELEKONSULTASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN TELEMEDICINE DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak_Suci Dwi Ananda.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1_Suci Dwi Ananda.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6_ Suci Dwi Ananda.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Suci Dwi Ananda.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULL SUCI DWI ANANDA (1711213044).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Keputusan pengguna dalam memilih aplikasi telekonsultasi tidak diketahui meskipun terjadi peningkatan jumlah pengguna pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi yang dipilih, karakteristik dan kepuasan pengguna serta hubungan antara karakteristik pengguna dan pemilihan aplikasi dengan tingkat kepuasan pengguna di Sumbar. Metode : Penelitian ini adalah cross-sectional survei dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah pengguna aplikasi telekonsultasi di Sumbar dengan total sampel 71 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Variabel dependen penelitian adalah kepuasan dengan variabel independen karakteristik pengguna dan pemilihan aplikasi dengan analisis uji non parametrik kruskall wallis. Hasil : Mayoritas responden berusia 21-30 tahun, perempuan, pendidikan D3/S1/Keatas, mahasiswa, menggunakan asuransi BPJS Kesehatan dan tinggal di Padang. Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah Halodoc (50,7%). Tingkat Kepuasan tertinggi adalah responden pengguna aplikasi JKN Mobile (50%). Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pekerjaan dan usia dengan kepuasan, serta tidak terdapat hubungan antara pemilihan aplikasi dengan kepuasan. Kesimpulan : Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah Halodoc, dan tingkat kepuasan tertinggi adalah pengguna JKN Mobie. Terdapat hubungan yang bermakna antara karakteristik usia dan pekerjaan dengan kepuasan, serta tidak terdapat hubungan antara pemilihan aplikasi dan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Adila Kasni Astiena
Uncontrolled Keywords: Telemedicine, Aplikasi Kesehatan, Kepuasan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:45
Last Modified: 25 Aug 2022 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/110313

Actions (login required)

View Item View Item