STRATEGI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) PAINAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ratih, Sri Melyani (2022) STRATEGI KANTOR SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) PAINAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB Akhir (Kesimpulan & Saran).pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan strategi kantor SAMSAT Painan dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pajak kendaraan bermotor sebagai salah satu sumber pendapatan daerah yang memberikan kontribusi cukup besar bagi pendapatan daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Menurut peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 69 Tahun 2014 tentang bagi hasil pajak daerah bahwa Kabupaten di Sumatera Barat mendapat hasil 30% dari realisasi penerimaan PKB yang dipungutnya. Selain itu pesatnya jumlah kendaraan bermotor serta jauhnya jarak perjalanan yang perlu ditempuh oleh wajib pajak dalam membayar PKB di kantor SAMSAT Painan yang membuat sebagian masyarakat sulit untuk menjangkau pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor terutama bagi masyarakat yang berada jauh dari Kantor SAMSAT Painan dan masih rendahnya kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu pada tahun 2020 sebesar 44,57%. Menanggapi permasalahan tersebut SAMSAT Painan sebagai instansi yang bertugas dalam memungut pendapatan PKB di Kabupaten Pesisir Selatan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Kotten yang terdiri dari strategi organisasi, strategi program, strategi sumber daya dan strategi kelembagaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk pemilihan informan dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kantor SAMSAT Painan dalam meningkatkan Pendapatan PKB di Kabupaten Pesisir Selatan sudah berjalan dengan baik dan telah melaksanakan seluruh tipe strategi yang dikemukakan oleh kotten. Meskipun dalam pelaksanaan ada beberapa tipe strategi yang kurang berjalan dengan baik seperti pelaksanaan program yang masih belum merata dilaksanakan di daerah Kabupaten Pesisir Selatan serta program yang dijalankan belum sepenuhnya menjangkau wajib pajak yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan , masih kurangnya SDM yang kreatif dalam menjalankan program khususnya bagi UPTD dan kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan bagi wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Strategi, SAMSAT, pendapatan pajak kendaraan bermotor
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:18
Last Modified: 01 Jul 2022 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106727

Actions (login required)

View Item View Item