Afifah, Nurul (2022) Pengaruh Self-Efficacy Akademik Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tahun Pertama Tahun Ajaran 2020/2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (312kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (321kB) |
|
Text (Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan resiliensi dalam bidang akademik diharapkan dapat menjadi salah satu hal yang bisa membantu mahasiswa tahun pertama dalam menjalani masa awal perkuliahan. Menurut beberapa pendapat ahli, self-efficacy dapat menjadi salah satu hal yang mempengaruhi pembentukan resiliensi dalam diri individu. Sehingga berdasarkan fenomena tersebut, peneliti ingin melihat pengaruh self-efficacy akademik terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tahun pertama tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji regresi linear sederhana. Populasi penelitian adalah 6443 orang mahasiswa dan sampel penelitian sebanyak 400 orang mahasiswa yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur Academic Resilience Scale-30 (ARS-30) yang dibuat oleh Cassidy (2016) dan skala konstruksi self-efficacy akademik berdasarkan teori dan aspek dari Bandura (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy akademik secara signifikan memiliki pengaruh terhadap resiliensi akademik sebesar 60,2%, sedangkan 39,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Semakin tinggi self-efficacy akademik maka semakin tinggi pula resiliensi akademik dalam diri mahasiswa tahun pertama tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 08:14 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 08:14 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105638 |
Actions (login required)
View Item |