Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Literasi Zakat Terhadap Preferensi Muzakki Dalam Memilih Saluran Distribusi Zakat

Tiara Sonita, Sonita (2022) Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Literasi Zakat Terhadap Preferensi Muzakki Dalam Memilih Saluran Distribusi Zakat. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS UTUH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan literasi zakat terhadap preferensi muzakki dalam memilih saluran distribusi zakat. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah preferensi muzakki yang diukur dengan skala nominal yang dikategorikan, 1 (satu) untuk muzakki yang memilih mendistribusikan zakat melalui Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan 0 (nol) untuk muzakki yang memilih mendistribusikan zakat melalui non OPZ. Variabel independen dalam penelitian ini adalah akuntabilitas, transparansi, dan literasi zakat. Akuntabilitas dan transparansi diukur dengan skala likert 5 poin dan literasi zakat diukur menggunakan Indeks Literasi Zakat yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Strategis BAZNAS tahun 2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus ASN di lingkungan Universitas Andalas. Berdasarkan metode simple random sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 252 sampel yang memenuhi kriteria penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas, transparansi dan literasi zakat berpengaruh terhadap preferensi muzakki dalam milih saluran distribusi zakat. Preferensi responden didominasi dengan memilih menyalurkan langsung ke individu penerima zakat atau non OPZ.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yurniwati., SE., M.Si., Ak., CA Dr. Vima Tista Putriana., SE., M.Sc., CA
Uncontrolled Keywords: Preferensi muzakki; Akuntabilitas; Transparansi; Literasi zakat; Saluran distribusi zakat.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 19 May 2022 08:37
Last Modified: 19 May 2022 08:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104216

Actions (login required)

View Item View Item