Komunikasi Persuasif Duta GenRe Tanah Datar (Studi Kasus pada Forum GenRe Dalam Upaya Sosialisasi Program Penanganan Stunting di Kabupaten Tanah Datar

Rona, Fadhila (2022) Komunikasi Persuasif Duta GenRe Tanah Datar (Studi Kasus pada Forum GenRe Dalam Upaya Sosialisasi Program Penanganan Stunting di Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN _ BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stunting merupakan salah satu permasalahan di bidang kesehatan yang sedang gencar dihadapi oleh pemerintah. Hal ini menyangkut pada keberlangsungan kehidupan sumber daya manusia kedepannya. BKKBN sebagai pemegang kendali penanganan stunting di Indonesia menghadirkan Duta GenRe dalam menyosialisasikan program penanganan stunting. Ajakan yang dilakukan oleh Duta GenRe melibatkan komunikasi persuasif yang dilakukan kepada seseorang maupun sekelompok orang dengan cara memengaruhi sikap dan perilaku ke tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif Duta Genre dalam menyosialisasikan program penanganan stunting di Kabupaten Tanah Datar dan mengetahui hambatan dalam komunikasi persuasifnya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori integrasi informasi dan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Ketiga pengumpulan data tersebut berasal dari pengamatan yang dilakukan selama komunikasi persuasif Duta GenRe kepada ibu hamil berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Duta GenRe Tanah Datar dimulai dengan persiapan-persiapan hingga membentuk program siceting (aksi cegah stunting) seperti mendatangi ibu hamil dan mempersuasi mereka mengenai stunting serta pencegahannya baik secara lisan maupun secara tertulis di leaflet. Duta GenRe juga melibatkan sosial media sebagai wadah penyampaian informasi mengenai stunting. Adapun hambatan yang ditemui pada penelitian ini ialah salah satunya kegiatan yang dilakukan oleh Duta GenRe hanya dilaksanakan satu kali dan tidak bersifat continue serta masih banyaknya ibu hamil yang memercayai mitos, sehingga hal ini menjadi salah satu alasan komunikasi persuasif kurang berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Duta GenRe, Ibu Hamil, Komunikasi Persuasif, Stunting
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 10 May 2022 06:55
Last Modified: 10 May 2022 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102642

Actions (login required)

View Item View Item