Mempelajari Karakteristik Teh Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) dengan Penambahan Daun Mint (Mentha piperita L.)

Maisa, Sevoni (2022) Mempelajari Karakteristik Teh Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) dengan Penambahan Daun Mint (Mentha piperita L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover_dan_Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB_AKHIR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full_Maisa Sevoni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan daun mint terhadap karakteristik teh daun pandan. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistika dengan menggunakan ANOVA dan jika berbeda nyata, dilanjutkan dengan uji Duncan's New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5% dengan perlakuan: tanpa penambahan daun mint, penambahan daun mint 1%, 2%, 3%, dan 4%. Pengamatan pada teh daun pandan dengan penambahan daun mint meliputi uji kadar air, uji aktivitas antioksidan, uji kandungan total polifenol, dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan daun mint berpengaruh nyata terhadap nilai IC50 dan kandungan total polifenol teh daun pandan yang dihasilkan. Berdasarkan analisis kimia dan uji organoleptik menunjukkan penambahan daun mint 4% sebagai produk terbaik dengan nilai kadar air (5,93%), IC50 (86,54 ppm), total polifenol (109,99 mg GAE/g), dan nlai penerimaan organoleptik dengan warna (3,55%), rasa (3,40%) dan aroma (4,15%). Kata kunci : daun mint, teh, daun pandan, antioksidan, polifenol

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.TP, MP, Ph.D
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:12
Last Modified: 26 Apr 2022 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102084

Actions (login required)

View Item View Item