FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA POST PREKLINIK PRODI KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR YARSI SUMATERA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19

Miftah, Huljannah (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA POST PREKLINIK PRODI KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR YARSI SUMATERA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Univeritas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup))
BAB akhir (kesimpulan).pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Bismillah Skripsi Miftah Huljanah Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 muncullah berbagai masalah psikologis pada mahasiswa, salah satunya yaitu kecemasan. Mahasiswa keperawatan yang melaksanakan preklinik di rumah sakit merupakan salah satu kelompok yang berisiko mengalami kecemasan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan pada mahasiswa post preklinik Prodi Keperawatan di Universitas Mohammad Natsir Yarsi Sumatera Barat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian seluruh mahasiswa keperawatan yang telah melaksanakan preklinik di Universitas Mohammad Natsir Yarsi Sumatera Barat pada masa pandemi COVID-19. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 60 orang. Pengambilan data dilaksanakan tanggal 1-5 November 2021 menggunakan alat ukur kuesioner dengan Google Form. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisa univariat didapatkan data bahwa 61,7% mahasiswa mengalami kecemasan; 53,4% mahasiswa memiliki pengetahuan tinggi tentang COVID-19; 56,7% mahasiswa menggunakan alat pelindung diri dengan baik; dan 60% mahasiswa memiliki lingkungan belajar klinik tidak baik di rumah sakit. Hasil analisa bivariat didapatkan data bahawa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang COVID-19 (P Value = 0.000), penggunaan alat pelindung diri (P Value = 0.028), dan lingkungan belajar klinik (P Value = 0.033) dengan kecemasan pada mahasiswa preklinik. Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar mahasiswa dapat menambah wawasan tentang strategi koping dalam menghadapi pandemi di lingkungan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep.,Sp. Kep.J
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Mahasiswa Preklinik, COVID-19
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:03
Last Modified: 11 Feb 2022 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99562

Actions (login required)

View Item View Item