Hubungan Antara Beban Kerja Mental Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Saat Pandemi COVID-19 di RS Universitas Andalas Tahun 2021

Yonna, Affim (2022) Hubungan Antara Beban Kerja Mental Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Saat Pandemi COVID-19 di RS Universitas Andalas Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak(4).pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan(2).pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Kesimpulan dan Saran)
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka(5).pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text Yonna Affim)
Skripsi Full Yonna Affim.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyebaran pandemi COVID-19 menciptakan peningkatan permintaan petugas kesehatan. Tekanan berat yang dihadapi petugas kesehatan dituntut dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja untuk menekan angka penyebaran COVID-19 dan tuntutan yang tinggi dari masyarakat secara tidak disadari menimbulkan beban kerja mental bagi perawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban kerja mental dengan kinerja perawat pelaksana saat pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain ceoss sectional. Dilakukan di Rumah Sakit Universitas Andalas bulan Agustus-November 2021. Sampel berjumlah 66 reponden yang dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur penelitian yaitu kuesioner kinerja dan NASA-TLX untuk beban kerja mental. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden memiliki kinerja sedang dengan nilai rata-rata per sub variabel kinerja paling rendah yaitu implementasi. Hampir seluruh responden memiliki beban kerja mental kategori berat dengan nilai rata-rata per sub variabel paling tinggi yaitu kebutuhan mental. Terdapat hubungan antara beban kerja mental dengan kinerja perawat pelaksana saat pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Andalas tahun 2021 (p value = 0,000). Diharapkan Rumah Sakit Universitas Andalas agar lebih memperhatikan beban kerja mental terutama kebutuhan mental dalam menangani pasien pada masa pandemi pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja Mental, Kinerja, COVID-19
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:08
Last Modified: 27 Jan 2022 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98070

Actions (login required)

View Item View Item