Rahi, Ul Afif (2021) ANALISIS KUALITAS E-LEARNING APPSKEP MENGUNAKAN KONSEP SERVQUAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Diploma thesis, Unversitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (156kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
E-learning merupakan sebuah media pembelajaran berbasis perangkat elektronik dengan mengunakan internet sebagai media penghubungnya. E-learning pada saat ini berkembang dengan pesat disetiap negara dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 4%. Asia merupakan benua dengan tingkat pertumbuhan e-learning terbesar yaitu 17,3 % dengan pendapatan mencapai angka $11,5B pada tahun 2016. Indonesia berada pada posisi ke 8 dari semua negara yang ada di Asia dengan tingkat pertumbuhan mencapai angka 20 %. Indonesia terdapat berbagai e-learning yang memenuhi pasar e-learning Indonesia. Appskep merupakan e-learning yang bergerak memenuhi permintaan pasar e-learning Indonesia. Appskep pembantu perawat dalam menghadapi Uji Kompetensi. Berdasarkan www.niagahoster.co.id Appskep tidak termasuk kedalam 17 e-learning terbaik di Indonesia dan terdapat beberapa keluhan yang dialami oleh pengguna Appskep sehingga dilakukan analisis terhadap kualitas e-learning Appskep. Faktor-faktor yang menentukan kualitas e-learning berdasarkan penelitian terdahulu dapat dikaitkan dengan kualitas layanan, kualitas informasi dan kualitas sistem. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Appskep pada periode 2 ujian kompetensi keperawatan dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 94 orang. Data yang terkumpul diolah dengan mengunakan metode SEM-PLS dengan software smartPLS 3. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan didapatkan hasil Variabel assurance, responsiveness dan reliability memiliki korelasi yang positif terhadap kualitas e-learning sedangkan empathy tidak memiliki korelasi yang positif terhadapa kualitas e-learning dan variabel konten pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas e-learning sedangkan situs web tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas e-learning. Sehingga diberikan saran berupa penambahan fitur live chat, file management dan diberikan saran perbaikan terhadap desain user interface e-learning Appskep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Wisnel, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | e-learning, metode servqual, SEM-PLS |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 07:15 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 07:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96517 |
Actions (login required)
View Item |