Merin, Fiftiyearni Yunas (2021) WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Virtual tour merupakan salah satu perkembangan teknologi virtual reality yang mampu menjelajahi suatu tempat untuk mendapatkan informasi dan gambaran mengenai tempat tersebut dengan menggunakan perangkat komputer maupun smartphone. Promosi berbasis digital dengan konsep virtual tour di era new media dimanfaatkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman dalam mempromosikan destinasi dan daya tarik pariwisata melalui website sebagai media promosi pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan website sebagai media promosi pariwisata di Kota Pariaman dan mengidentifikasi kendala dalam pemanfaatan website sebagai media promosi pariwisata Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan teori kekayaan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma post-positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka temuan dari penelitian ini adalah pemanfaatan website pariaman360.com dilihat berdasarkan teori kekayaan media tergambar bahwa penggunaan konsep website virtual tour pada website pariaman360.com memberikan penyegaran terhadap mutu presentasi desain, dapat dilihat dari tampilan pada website yang seperti gambaran aslinya. Namun masih terdapat kekurangan dari variasi bahasa yang digunakan yakni hanya menggunakan Bahasa Inggris saja dan kurang interaktif sehingga pengunjung tidak bisa bertanya tentang informasi pariwisata yang ada. Selain itu, ditemukan kendala dalam pemanfaatan website pariaman360.com sebagai media promosi yakni kurangnya sumber daya manusia (SDM), birokrasi pada pemerintahan serta pengalokasian dana untuk penanganan COVID-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Sarmiati, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Disparbud Kota Pariaman, Media Promosi, Teori Kekayaan Media, Website |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JS Local government Municipal government T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 04:37 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 04:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95288 |
Actions (login required)
View Item |