Didi, Andova (2021) EVALUASI KULIAH KERJA NYATA TEMATIK TAHUN 2020 TERHADAP IMPLEMENTASI INTERPROFESSIONAL EDUCATION DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS : SEBUAH STUDI KUALITATIF. Profesi thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (539kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
|
![]() |
Text
SKRIPSI Full Text FIX .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Interprofessional Education (IPE) merupakan poin yang harus diajarkan dalam prodi Tahap Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana IPE diimplementasikan pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2020 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK UNAND). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara semi-terstruktur. Menggunakan teknik purposive sampling dan strategi maximum variation sampling dengan informan mahasiswa 2017, dosen pembimbing lapangan (DPL), dan pengelola KKN Tematik FK UNAND 2020. Hasil penelitian didapatkan seluruh mahasiswa 2017, DPL, dan pengelola KKN Tematik 2020 mengetahui dan paham tentang konsep IPE. Sebagian besar mahasiswa 2017, DPL, dan pengelola KKN Tematik 2020 mengetahui dan paham mengenai kompetensi IPE yang akan dicapai. Seluruh mahasiswa 2017 berpendapat secara umum IPE sudah diimplementasikan, tetapi secara khusus di kelompok masing-masing masih belum optimal. Sebagian besar DPL berpendapat bahwa secara umum dan khusus di kelompok masing-masing masih belum optimal mengimplementasikan IPE. Pengelola KKN Tematik 2020 berpendapat bahwa secara umum IPE sudah diimplementasikan, tetapi secara khusus di kelompok masing-masing masih belum optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa 2017, DPL, dan pengelola KKN Tematik 2020 paham dan mengetahui mengenai konsep dan kompetensi IPE yang akan dicapai, namun implementasi IPE di KKN Tematik 2020 masih belum optimal sehingga perlu adanya evaluasi kurikulum KKN Tematik dengan mempertimbangkan indikator IPE didalamnya. Kata Kunci : interprofessional education, kkn tematik, fakultas kedokteran.
Item Type: | Thesis (Profesi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 03:26 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 03:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |