Pengaruh Pemilihan Putaran pada Proses Membubut dan Implikasinya terhadap Kekasaran Permukaan Produk dan Getaran Mesin Perkakas

Hari, Muhammad Jundi (2021) Pengaruh Pemilihan Putaran pada Proses Membubut dan Implikasinya terhadap Kekasaran Permukaan Produk dan Getaran Mesin Perkakas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
jundi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada proses pembubutan kualitas umumnya dilihat dari nilai kekasaran permukaan yang dihasilkan,dimana nilai kekasaran permukaan dipengaruhi oleh parameter kecepatan putaran spindle dan geometri pahat yang sesuai. Dalam proses pembubutan benda kerja akan berputar dan cenderung mengalami ketidakseimbangan massa (unbalance mass) yang memicu terjadinya getaran mesin perkakas dan mempengaruhi kekasaran permukaan yang dihasilkan. Untuk melihat bagaimana pengaruh putaran spindle terhadap kekasaran permukaan dan getaran mesin perkakas digunakan mesin bubut manual dan pahat HSS dalam proses pembubutan,dimana pada mesin bubut manual nilai putaran teoritis tidak dapat diterapkan dan untuk pengukuran kekasaran permukaan digunakan alat ukur kekasaran permukaan yaitu surface roughness test dan getaran mesin perkakas menggunakan accelerometer selanjutnya nilai kekasaran yang didapatkan dinyatakan dalam parameter Ra (μm) dan getaran mesin perkakas dalam parameter RMS (mm/s2). Dari hasil penelitan diperoleh bahwa nilai kekasaran akan meningkat seiring bertambahnya nilai putaran spindle dan nilai getaran akan menurun seiring bertambahnya nilai putaran spindle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ismet Hari Mulyadi,Ph.D
Uncontrolled Keywords: kekasaran permukaan, kecepatan, getaran mesin perkakas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:00
Last Modified: 10 Nov 2021 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94264

Actions (login required)

View Item View Item