HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA Studi Analitik pada kelas XI di MAS Perguruan Islam Ar Risalah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Revi, Annisa (2021) HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA Studi Analitik pada kelas XI di MAS Perguruan Islam Ar Risalah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 (Penutup))
Bab 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img] Text (Full Test Skripsi)
Full Text Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Konsentrasi adalah usaha dan kemampuan dalam memusatkan, mempertahankan, maupun mengalihkan perhatian yang tidak memiliki hubungan dengan hal yang sedang dipelajari. Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang membutuhkan energi untuk melakukannya, termasuk berjalan, menari, dan berolahraga. Aktivitas fisik memiliki pengaruh terhadap konsentrasi belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan konsentrasi belajar pada siswa kelas XI di MAS Perguruan Islam Ar Risalah. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional pada siswa kelas XI di MAS Perguruan Islam Ar Risalah yang dilaksanakan bulan April 2021 Agustus 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling, yang dilakukan dengan random number generator dan didapatkan 57 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) dan tes grid concentration. Analisis data yaitu analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil analisis memperlihatkan nilai rata-rata aktivitas fisik siswa 2066,6±1344,3, dan nilai rata-rata konsentrasi siswa 11,9±4,1. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan dengan p value 0,546 > 0,05 antara aktivitas fisik dengan konsentrasi belajar siswa kelas XI di MAS Perguruan Islam Ar Risalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg, Mustafa Noer, MS
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi belajar, tes grid concentration, Aktivitas fisik, GPAQ, siswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:55
Last Modified: 27 Oct 2021 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93455

Actions (login required)

View Item View Item