ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM UPAYA MENURUNKAN NOMOPHOBIA KECANDUAN SMARTPHONE PADA SISWA MAN 1 PADANG PANJANG TAHUN 2021

Yolanda, Rova (2021) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM UPAYA MENURUNKAN NOMOPHOBIA KECANDUAN SMARTPHONE PADA SISWA MAN 1 PADANG PANJANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB akhir penutup.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (KIA Lengkap)
KIA YOLANDA ROVA, S.Kep .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi, perkembangan teknologi sangat pesat khususnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bukti dari perkembangan tersebut yaitu adanya smartphone. Smartphone Addiction menjadi perhatian kesehatan dunia (WHO), kasus smartphone addiction meningkat setiap tahunnya terutama pada remaja. Smartphone addiction yang tidak ditangani akan mempengaruhi kesehatan remaja baik fisik maupun psikologis. Individu dengan kecanduan smartphone cenderung mengalami kecemasan. Kecemasan saat berjauhan dengan smartphone mengacu pada nomophobia. Salah satu upaya yang dapat untuk mengurangi nomophobia yaitu dengan teknik self management. Tujuan dari intervensi asuhan keperawatan ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap siswa MAN 1 Padang Panjang dalam upaya pengurangan nomophobia terhadap kecanduan smartphone. Teknik ini diikuti oleh 10 orang siswa. Hasil kuesioner post-test menunjukkan penurunan tingkat nomophobia terhadap kecanduan smartphone setelah diberikan implementasi. Tingkat kecemasan sedang menurun dari 80% menjadi 70% serta kecemasan ringan 30%. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat meningkatkan pengawasan dan guru Bimbingan Konseling (BK) dapat melanjutkan pemberian teknik ini bagi siswa yang mengalami nomophobia terhadap kecanduan smartphone dalam upaya penurunan tingkat nomophobia terhadap kecanduan smartphone di MAN 1 Padang Panjang. Kata Kunci : Siswa, Nomophobia, Kecanduan Smartphone, Self Manageme Daftar Pustaka : 176 (2000-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:06
Last Modified: 01 Nov 2021 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93097

Actions (login required)

View Item View Item