Reza, Aditya Ilhamdani (2021) PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH ANTARA PT. CICIL SOLUSI MITRA TEKNOLOGI (CICIL.CO.ID) DENGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (239kB) | Preview |
|
Text (Skrpsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi merupakan sebuah perusahaan teknologi finansial yang tujuannya untuk memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa yang bisa dibayar dengan angsuran dengan syarat pengajuannya hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) tanpa perlu adanya jaminan, kartu kredit dan slip gaji. Kegiatan pemberian kredit pada lembaga pembiayaan tidak selalu berjalan dengan lancar, ada kalanya debitur tidak memenuhi kewajibannya dengan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar penilaian dari PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi dalam memberikan kredit pembiayaan terhadap mahasiswa, faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah dan upaya penyelesaian kredit bermasalah yang dilakukan oleh PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi terhadap mahasiswa. Dalam dokumen ini penulis menggunakan metode penelitian yurudis empiris. Data utama dari penelitian ini adalah data yang diperoleh di lapangan. Di samping itu penulis juga melakukan penelitian terhadap bahan kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) dasar penilaian dari PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi dalam memberikan kredit kepada mahasiswa yaitu Penilaian Terhadap Kartu Tanda Penduduk (KTP), Penilaian terhadap Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Credit Scooring, dan penilaian barang yang dibeli. 2) faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 3) Upaya penyelesaian kredit bermasalah yang dilakukan oleh PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi terhadap mahasiswa diantaranya : a) Negosiasi berupa Pemberitahuan, Penagihan Langsung, menghubungi lembaga pendidikan debitur, orang tua dan orang terdekat, pengenaan denda, mengambil alih objek pembiayaan b) rescheduling atau penjadwalan kembali. Kata Kunci : Kredit Bermasalah, Penyelesaian Kredit Bermasalah, PT. Cicil Solusi Mitra Teknologi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Hj. Zahara, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 06:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92796 |
Actions (login required)
View Item |