Analisis Efek Penambahan Lubang Pada Spesimen Uji Komposit Serat E-Glass WR185 Dengan Matrik Polyester Terhadap Karakteristik Mekanik Bahan

Dona, Eka Septriani (2021) Analisis Efek Penambahan Lubang Pada Spesimen Uji Komposit Serat E-Glass WR185 Dengan Matrik Polyester Terhadap Karakteristik Mekanik Bahan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover,Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Komposit adalah jenis material baru yang dihasilkan dari rekayasa yang terdiri dari dua atau lebih bahan,dimana setiap bahan memiliki sifat yang berbeda-beda satu dengan yang lain, baik sifat kimia maupun sifat fisiknya dan tetap terpisah dalam hasil akhir bahan tersebut atau bahan komposit. Penelitian dilakukan dengan studi sifat mekanik komposit e-glass WR185 berbasis rei epoxy. Dilakukan dengan menggunakan metode hand lay up. Tujuan penelitian untuk mengetahui sifat makro dan sifat mikro komposit. Sifat makro dapat diketahui dengan melakukan pengujian kekuatan tarik kompositdan pengujian kekutan tekan pada komposit. Sifat mikro dapat diketahui dengan melakukan pengujian densitas. Fraksi volume dalam pembuatan spesimen komposit menggunakan perbandingan serat 40% dan resin 60%. Sebagian spesimen diberikan hole dan non hole, bertujuan untuk mengetahui sjauh mana penurunan sifat mekanik.dari pengujian yang dilakukan didapatkan rata-rata nilai densitas adalah 1,1208 gr/cm 3. Hasil pengujian tarik open hole didapatkan nilai kekuatan tarik maksimal adalah 118,97 Mpa dan non hole adalah 177,94 Mpa. Open hole menyebabkan penurunan kekuatan tarik maksimal 58,97 Mpa.Hasil pengujian tekan open hole dan non hole didapatkan nilai kekuatan tekan maksimal adalah 111,17 Mpa dan 129,28 Mpa. Mengalami penurunan kekuatan tekan maksimal 17,58 Mpa. Hadirnya hole merubah bentuk kegagalan spesimen tarik dan dari segi visual bentuk kegagalanya lebih baik dibandingkan spesimen no hole. Pada spesimen non hole kerusakan terjadi pada sekitaran grip, dan pada open hole kerusakan terjadi pada sekitaran hole.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng.Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: Komposit, E-glass, Epoxy, Uji tarik, Uji Tekan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:07
Last Modified: 30 Aug 2021 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80739

Actions (login required)

View Item View Item