PENGARUH LATIHAN PASRAH DIRI TERHADAP DEPRESI, KADAR GULA DARAH, LEUKOSIT DAN PERBAIKAN LUKA PASIEN ULKUS DIABETIK DENGAN GEJALA DEPRESI DI RSUD DR M ZEIN PAINAN

WINDA, RESVI JULIANA (2021) PENGARUH LATIHAN PASRAH DIRI TERHADAP DEPRESI, KADAR GULA DARAH, LEUKOSIT DAN PERBAIKAN LUKA PASIEN ULKUS DIABETIK DENGAN GEJALA DEPRESI DI RSUD DR M ZEIN PAINAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTRA PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[img] Text (TESIS UTUH)
TESIS WINDA RESVI JULIANA_1721312012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/...

Abstract

Pengaruh Latihan Pasrah Diri terhadap Depresi, Kadar Gula Darah, Leukosit dan Perbaikan Luka Pasien Ulkus Diabetik dengan Gejala Depresi di RSUD dr. M Zein Painan tahun 2020 xiv + 105 Hal + 11 Tabel + 15 Lampiran + 7 Skema Abstrak Depresi pada pasien diabetes mellitus dengan ulkus diabetik meningkat dua kali lipat dibanding pasien diabetes mellitus tanpa ulkus diabetik. Perpaduan teknik relaksasi dan zikir dalam latihan pasrah diri diketahui menurunkan depresi pada pasien diabetes mellitus. Namun belum banyak penelitian yang melihat kombinasi perawatan luka dengan latihan pasrah diri dapat mempercepat perbaikan luka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh latihan pasrah diri terhadap depresi, kadar gula darah, leukosit dan perbaikan luka pasien ulkus diabetik di RSUD dr. M Zein Painan. Desain penelitian adalah quasi experiment dengan pre dan post test with control group. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 orang (14 orang pada tiap kelompok). Data dikumpulkan dengan menggunakan Kuisioner Back Depression Indeks (BDI II) dan Skala Battle Jansen. Analisa data menunjukkan terdapat pengaruh latihan pasrah diri terhadap depresi (P=0,000), kadar gula darah (P=0,024) dan perbaikan luka (P=0,000). Penurunan nilai leukosit pada kelompok intervensi lebih baik dari kelompok kontrol, namun secara statistik pengaruhnya tidak signifikan. Perawatan luka modern dan latihan pasrah diri efektif dalam menurunkan depresi, gula darah dan perbaikan luka pasien ulkus diabetik. Direkomendasikan agar perawat memasukkan latihan pasrah diri dalam intervensi keperawatan terhadap pasien ulkus diabetik. Kata Kunci: Latihan Pasrah Diri, Ulkus Diabetik, Depresi, Kadar Gula Darah, Leukosit, Perbaikan luka Daftar Pustaka : 90 (2008-2019)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Arina Widya Murni, Sp.Pd, K-Psi FINASIM
Uncontrolled Keywords: Latihan Pasrah Diri, Ulkus Diabetik, Depresi, Kadar Gula Darah, Leukosit, Perbaikan luka
Subjects: R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 09 Aug 2021 08:03
Last Modified: 09 Aug 2021 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79692

Actions (login required)

View Item View Item