STRATEGI ADOPSI E-COMMERCE BAGI IKM KERUPUK SANJAI DI KOTA PAYAKUMBUH

Viola, Kiswara (2021) STRATEGI ADOPSI E-COMMERCE BAGI IKM KERUPUK SANJAI DI KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skirpsi full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

WHO menetapkan pandemi Covid-19 sebagai pandemi global yang berdampak terhadap berbagai sektor, terutama perekonomian Di Indonesia, Ribuan pelaku IKM mengalami penurunan omzet hingga 50%-70%. Salah satu cara bertahan di kondisi ini adalah memanfaatkan e-commerce. Namun, strategi ini belum maksimal diterapkan oleh pelaku bisnis. Khususnya, Kota Payakumbuh yang didominasi oleh IKM yang menjual keripik sanjai. Karena, dari total 1800 unit IKM yang bergerak diberbagai industri hanya sekitar 112 IKM saja yang menerapkan perdagangan digital Penelitian ini bertujuan mengusulkan strategi adopsi e-commerce melalui identifikasi faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce pada IKM keripik sanjai di Kota Payakumbuh. Penentuan faktor dihitung dengan menggunakan metode AHP- Fuzzy, sedangkan perumusan strategi untuk mengatasi faktor tersebut menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan perhitungan, kriteria faktor yang memberikan pengaruh paling besar adalah kriteria teknik, dengan bobot 0,336. Sedangkan untuk subkriterianya adalah jumlah staff yang ahli dibidang teknologi tidak memadai dengan bobot 0,125. Sehingga, berdasarkan faktor tersebut perumusan strategi menggunakan analisis SWOT dengan hasil tiga strategi SO, dua strategi WO, dua strategi ST, dan tiga strategi WT. Penerapan strategi ini diharapkan dapat membantu pelaku IKM Keripik Sanjai yang ada di Kota Payakumbuh untuk mengadopsi e- commerce sebagai sarana dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ikhwan Arief, M.Sc
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Faktor Pengaruh, Fuzzy AHP, IKM, SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:47
Last Modified: 05 Aug 2021 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79202

Actions (login required)

View Item View Item