Syafa Tasya, Salsabila (2021) Analisis Keinginan Memanfaatkan Ulang Layanan Public Safety Center (PSC) 119 Khadim Serambi Mekah Kota Padang Panjang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6)
BAB 6_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL SYAFA TASYA SALSABILA (1711212016).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Public Safety Center merupakan pusat layanan kegawatdaruratan berbasis call center 119. Pemanfaatan PSC 119 Khadim Serambi Mekah masih belum efektif dan cenderung rendah dimana hanya 0,2% masyarakat Padang Panjang yang sudah memanfaatkan PSC pada tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya pemanfaatan PSC 119 di Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode mixed methode dengan model Sequential Explanatory pada Bulan November 2020-Mei 2021. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan desain Cross Sectional pada 54 orang. Penelitian kualitatif dilakukan kepada 10 orang informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian didapatkan 53,7% responden dengan persepsi kurang baik, 40,7% memiliki sikap negatif dan 48,1% tergolong pemanfaatan kurang baik. Hasil analisis bivariate terdapat hubungan antara persepsi dan sikap dengan pemanfaatan ulang. Adapun faktor penyebab rendahnya pemanfaatan PSC adalah kurangnya sosialisasi, petugas terlambat datang ke lokasi, panggilan lama terhubung dengan operator dan belum adanya aplikasi peta digital. Pelaksanaan layanan PSC 119 KSM pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, akan tetapi pemanfaatan program masih belum efektif dan cenderung rendah. Rendahnya pemanfaatan PSC 119 disebabkan oleh tiga akar masalah yaitu tenaga, sarana prasarana dan sosialisasi. Diharapkan diadakannya pelatihan gawat darurat secara berkala, pembuatan aplikasi peta digital dan memaksimalkan sosialiasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Public Safety Center, call center, Pemanfaatan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 03:56 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 03:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77779 |
Actions (login required)
View Item |