Wulandari, Suci Ulta (2021) Pengembangan Desain Kemasan Menggunakan Pendekatan Grounded Theory di Usaha Kopi Bubuk Cap Gelas Tangkai CV ASNEL. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (529kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
6. BAB I.pdf - Published Version Download (538kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI Penutup)
11. BAB VI.pdf - Published Version Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (440kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir (full text))
Draft TA Suci Ulta Wulandari Full ok.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Kopi merupakan komoditas pertanian yang dominan di Sumatra Barat. Solok merupakan salah satu kota dan kabupaten yang berkontribusi sebesar 11,6% dari total produksi kopi di Sumatra Barat. CV ASNEL sebagai salah satu produsen kopi bubuk khas Solok yang legendaris dengan merek dagang “Kopi Bubuk Cap Gelas Tangkai” telah beroperasi selama 22 tahun, namun belum mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas kemasan yang kurang menarik dan tidak sesuai dengan harapan konsumen. Kemasan merupakan citra bagi suatu perusahaan, tampilan produk dapat berpengaruh secara psikologis untuk meningkatkan daya beli konsumen sehingga secara tidak langsung menunjang suatu produk dapat bersaing dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan desain kemasan berdasarkan analisis konseptual variabel-variabel pada kemasan menggunakan pendekatan Grounded Theory. Grounded Theory adalah metode penelitian kualitatif yang mengonstruksikan teori dari suatu fenomena berdasarkan fakta dan data yang ada, sehingga teori ini dapat digunakan untuk memperoleh variabel-variabel dan melihat hubungan antar variabel yang diharapkan konsumen terhadap kemasan. Pada penelitian ini terdapat 34 kata kunci yang dikategorikan kedalam 9 variabel yang didasarkan pada dimensi kualitas yang diperhatikan oleh konsumen pada kemasan suatu produk, yang meliputi kinerja (performance), fitur (features), keandalan (realibility), konformasi (conformance), ketahanan (durability), estetika (aesthetic), kemampulayanan (serviceability), persepsi mutu (perceived quality) serta harga (price) yang dipengaruhi oleh biaya (cost) yang dikeluarkan untuk membuat kemasan. Implementasi dilakukan kedalam bentuk pengembangan desain kemasan dengan dua alternatif desain, dengan alternatif terpilih adalah alternatif 2. Pengembangan desain alternatif 2 dilakukan hingga berbentuk prototype dengan bahan yang hampir sama.Berdasarkan hasil survei pasar pengembangan ini dan biaya yang dikeluarkan dapat dikatakan logis atau dapat diterima dipasaran dan masih memberikan keuntungan terhadap perusahaan. Kata Kunci: Dimensi Kualitas Produk, Desain Kemasan, Grounded Theory, Kemasa, Kopi, Prototype.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Taufik, M.T |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 06:54 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 06:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77332 |
Actions (login required)
View Item |