GAMBARAN KEJADIAN CYBERBULLYING SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK-ANAK DI SD NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG TAHUN 2021

Amelia, Jamirus (2021) GAMBARAN KEJADIAN CYBERBULLYING SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK-ANAK DI SD NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
WATERMARK SKRIPSI AMELIA JAMIRUS 1711311013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru kepada siswa tanpa tatap muka melainkan menggunakan teknologi. Dampak negatif dari teknologi yang digunakan siswa saat pembelajaran daring adalah perilaku cyberbullying. Cyberbullying merupakan bentuk kekerasan di dunia maya berupa ancaman, penghinaan, ejekan, dan intimidasi pelaku. Kejadian cyberbullying pada siswa sekolah dasar pada tahun 2019 tercatat sangat tinggi dengan persentase kejadian sebanyak 67% (25 kasus). Penelitian bertujuan untuk mengetahui distribusi frekuensi elemen dan jenis cyberbullying pada korban, pelaku, dan korban sekaligus pelaku cyberbullying anak-anak di SD Negeri 03 Alai Kota Padang pada Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survey. Sampel pada penelitian berjumlah 165 responden. Instrument yang digunakan pada penelitian adalah Revised Cyber Bullying Inventory (RCBI). Hasil dari penelitian pada siswa di SD Negeri03 Alai Kota Padang tahun 2021 adalah distribusi elemen cyberbullying paling tinggi ada pada korban cyberbullying sebanyak 58,2 % dan jenis cyberbullying yang sangat sering dilakukan dan dialami oleh korban (35,4%), pelaku (31,9%), dan korban sekaligus pelaku (27,3%) ada pada jenis cyberbullying harassment. Diharapkan bagi perawat agar bisa bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan penyuluhan dan konseling untuk mengantisipasi kejadian cyberbullying pada anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Yulastri Arif, S.Kp, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Cyberbullying, Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:56
Last Modified: 01 Jul 2021 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76886

Actions (login required)

View Item View Item