PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI PADA SISWA SMA KOTA BUKITTINGGI DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Kinanti, Dwi Restika (2021) PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI PADA SISWA SMA KOTA BUKITTINGGI DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Situasi pandemi COVID-19 menuntut guru dan siswa untuk melaksanakan pembelajaran daring di rumah masing-masing. Akan tetapi, pembelajaran daring dapat menimbulkan permasalahan motivasi pada siswa. Salahsatu penyebab munculnya masalah motivasi adalah stres akademik. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruh stres akademik terhadap motivasi pada siswa SMA di Kota Bukittinggi dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan adanya analisis regresi linier sederhana. Jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 400 orang siswa SMA di Kota Bukittinggi yang mengikuti pembelajaran daring yang didapatkan dengan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu alat ukur motivasi hasil modifikasi Motivation Strategies and Learning Questionnaire (MSLQ) dan alat ukur stress akademik yang dikonstruksi penulis berdasarkan aspek stress akademik Busari (2011). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stres akademik yang signifikan terhadap motivasi pada siswa SMA dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Stres akademik mempengaruhi motivasi sebesar 7%, sedangkan 93% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik, Motivasi, Pembelajaran Daring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:19
Last Modified: 25 Jun 2021 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76723

Actions (login required)

View Item View Item