PENGARUH EFEKTIVITAS ALAT PERAGA KAMPANYE (APK) TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PILEG 2019 DI KOTA PADANG

Tria, Suci Mulyati (2021) PENGARUH EFEKTIVITAS ALAT PERAGA KAMPANYE (APK) TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PILEG 2019 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
file 1 upload.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
file 2 upload (bab 1 pendahuluan).pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup dan Kesimpulan)
file 3 upload.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
file 4 upload.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI TRIA S.M WTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tria Suci Mulyati. 1610833016. Jurusan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas, Padang. 2021. Terdiri dari 27 referensi: dengan 11 buku, 5 jurnal, dan 4 sumber elektronik. Pelaksanaan Pemilu tentunya tidak lepas dari kehadiran pemilih pemula. Dalam menentukan pilihan pemilih pemula rentan dipengaruhi oleh lingkungannya. Untuk itu perlu melihat bagaimana partisipasi politiknya pada Pemilu. Terdapat fenomena menarik yaitu adanya peningkatan partisipasi pemilih sejalan dengan peningkatan alat peraga kampanye yang disediakan oleh KPU, diberi kebebasan kepada caleg untuk menyediakan sendiri. Hal ini menunjukkan adanya dugaan sebagai salah satu terjadi peningkatan partisipasi pada masyarakat Kota Padang, selain itu di dukung dengan adanya nilai konsep Empathy, Perssuasion, Communication dan Impact yang mana nilai tersebut ada pada masyarakat dalam memilih pemimpin yang di rasa layak dan pantas. Peneliti berasumsi bahwa terdapat pengaruh efektivitas alat peraga kampanye terhadap tingkat partisipasi pemilih pemula pada pileg 2019 di Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh efektivitas alat peraga kampanye terhadap tingkat partisipasi pemilih pemula pada pileg 2019 di Kota Padang . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas iklan dengan menggunakan variabel efektifitas alat peraga kampanye dan menggunakan konsep partisipasi terhadap pemilih pemula serta indikator penilaian Empathy, Perssuasion, Communication dan Impact . Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penjelasan (explanatory research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analsis mengunakan program SPSS 21 dengan analisis data tabulasi silang dan pengujian hipotesis menggunakan Kendall Tau. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh efektivitas alat peraga kampanye terhadap tingkat partisipasi pemilih pemula pada pileg 2019 di Kota Padang. sehingga semakin efektif alat peraga kampanye tentu akan mempengaruhi partisipasi pemilih pemula. Mayoritas pemilih pemula di Kota Padang menilai alat peraga kampanye sudah memiliki konsep Empathy, Perssuasion, Communication dan Impact . sehingga pemilih pemula di Kota Padang cenderung menjatuhkan pilihan politiknya pada saat melihat alat peraga kampanye pada Pileg Tahun 2019. Secara umum dalam penelitian ini, pemilih pemula di Kota Padang memiliki partisipasi dengan kategori yang cukup tinggi. Kata Kunci: Efektivitas Iklan, Tingkat Partisipasi, Pemilih Pemula, Pemilu ABSTRACT Tria Suci Mulyati. 1610833016. Department of Political Science. Faculty of Social Science and Political Science. Andalas University, Padang. 2021. Consists of 27 references: with 11 books, 5 journals, and 4 electronic sources. The implementation of the General Election cannot be separated from the presence of novice voters. In determining the choice of first-time voters, they are vulnerable to being influenced by their environment. For this reason, it is necessary to see how political participation is in the Election. There is an interesting phenomenon, namely an increase in voter participation in line with the increase in campaign props provided by the KPU, giving candidates the freedom to provide their own. This shows that there is an assumption that there is an increase in participation in the people of Padang City, besides that it is supported by the value of the concept of Empathy, Persuasion, Communication and Impact which these values are in the community in choosing leaders who feel worthy and appropriate. Researchers assume that there is an effect of the effectiveness of campaign props on the participation rate of first-time voters in the 2019 legislative elections in Padang City. The purpose of this study was to explain and analyze the effect of the effectiveness of campaign props on the participation rate of first-time voters in the 2019 legislative elections in Padang City. The theory used in this study is the theory of advertising effectiveness by using the variable effectiveness of campaign props and using the concept of participation in first-time voters as well as indicators of evaluation of Empathy, Persuasion, Communication and Impact. The method used in this research is a quantitative method with the type of explanation (explanatory research). The technique used in data collection used a questionnaire, while the analysis used the SPSS 21 program with cross tabulation data analysis and hypothesis testing using Kendall Tau. The results of this study indicate that there is an effect of the effectiveness of campaign props on the participation rate of beginner voters in the 2019 legislative elections in Padang City. so that the more effective the campaign props will certainly affect the participation of first-time voters. The majority of first-time voters in the city of Padang consider that the campaign props already have the concept of Empathy, Persuasion, Communication and Impact. so that novice voters in the city of Padang tend to make their political choices when viewing campaign props in the 2019 Pileg. In general, in this study, novice voters in the city of Padang have a fairly high category of participation. Keywords: Advertising Effectiveness, Participation Level, Beginner Voters, Elections

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:37
Last Modified: 06 Jul 2021 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75824

Actions (login required)

View Item View Item