Optimasi Penguraian Plastik Sintetik Polietilen Tereftalat dengan Penambahan Induser, Pengaturan pH dan Suhu pada Substrat oleh Bakteri Bacillus sp1 ITP 6.1

Mardila, Monika Ramadhani (2021) Optimasi Penguraian Plastik Sintetik Polietilen Tereftalat dengan Penambahan Induser, Pengaturan pH dan Suhu pada Substrat oleh Bakteri Bacillus sp1 ITP 6.1. Diploma thesis, University of Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
surat tanpa publikasi.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
surat tanpa publikasi.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img] Text (Full skripsi)
FULL SKRIPSI MONIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Polietilen tereftalat (PET) merupakan plastik sintesis yang paling banyak digunakan untuk bahan kemasan dan botol minuman di seluruh dunia. Permintaan yang tinggi terhadap PET menimbulkan dampak terhadap lingkungan karena PET dapat menumpuk dan sulit terurai di alam. Pada tahun 2018 telah dilakukan penelitian, hasil dari penelitian tersebut ditemukan bakteri yang dapat mendegradasi plastik polietilen tereftalat yaitu bakteri ITP 6.1, uji biodegradasi tersebut dilakukan pada media padat agar selama 4 minggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penambahan induser glukosa dan molase, pengaturan pH dan suhu inkubasi terhadap biodegradasi PET. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menambahkan glukosa 1, 2, 3 dan 4% b/v dan molase 2,5; 5, 10 dan 15% b/v ke dalam media cair garam mineral yang diatur pada pH 6, 7 dan 8 serta suhu inkubasi 34, 37 dan 40oC selama 4 minggu pada rotary shaker incubator, kemudian dilakukan analisis Scanning Electron Microscpy dan analisis Fourier Transform Infrared (FT-IR) pada penurunan bobot rata-rata plastik terbesar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penambahan molase 5% b/v pada pH media 7 dan suhu inkubasi 37oC mempunyai hasil penurunan bobot rata-rata plastik terbesar yaitu 4,23% b/b.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Akmal Djamaan, MS
Subjects: Q Science > QR Microbiology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:09
Last Modified: 30 Apr 2021 06:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74844

Actions (login required)

View Item View Item