Muhammad Zakky, Fauzan (2020) PENERAPAN APLIKASI PAGA NAGARI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KEPOLISIAN RESOR SOLOK KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (354kB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (267kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemajuan teknologi pada zaman sekarang memunculkan terobosan baru oleh banyak instansi terutama instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan publik dan penegakan hukum, salah satunya kepolisian, disalah satu Polres di Sumatera Barat khususnya Polres Solok Kota, dalam memanfaatkan teknologi informasi Polres Solok Kota memunculkan inovasi baru yakni dengan membuat aplikasi pelayanan yang dinamai sendiri oleh Polres Solok kota dengan nama paga nagari adapun tujuan dari aplikasi ini adalah pelayanan administratif secara online. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi aplikasi paga nagari. Kedua, apa saja yang menjadi kendala dalam pelayanan publik dengan menggunakan teknologi informasi paga nagari. Dalam penulisan skripsi ini metode yang digunakan adalah yuridis-empiris (sosiologis). Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut, pertama, penerapan aplikasi paga nagari pada prinsipnya telah memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pihak Polres Solok Kota. Namun jika dibandingkan dengan asas-asas pelayanan publik yang terdapat dalam Pasal 4 UU No 25 Tahun 2009, maka maka ditemukan tidak seluruh asas yg terpenuhi dalam penerapan aplikasi paga nagari. Asas-asas yang terpenuhi yaitu: Asas kepentingan umum, Asas Kepastian Hukum, Asas kesamaan hak, Asas keseimbangan hak dan kewajiban, Asas keprofesionalan, Asas partisipatif, Asas persamaan perlakuan/tidak diskriminatif, Asas keterbukaan, Asas akuntabilitas, Asas ketepatan waktu dan Asas kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan. Sedangkan asas yang tidak terpenuhi yaitu: Asas Fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok Rentan. Kedua, Ditinjau dari segi regulasi dan penerapan aplikasi paga nagari tidak terdapat kendala yuridis hanya ada kendala non yuridis, yaitu mengenai proses sosisalisasi mengenai penerapan aplikasi paga nagari ini juga belum maskimal. Kata Kunci: Aplikasi Paga Nagari, Pelayanan Publik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Syofiarti, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 08:02 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 08:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67522 |
Actions (login required)
View Item |