Upaya Pihak Distro Tangkelek dan Kapuyuak dalam Mempertahankan Pelanggan dengan Hadirnya Distro Minang Baru Sebagai Kompetitor (Studi Kasus Distro Minang di Kota Bukittinggi)

Mhd, Ridho (2020) Upaya Pihak Distro Tangkelek dan Kapuyuak dalam Mempertahankan Pelanggan dengan Hadirnya Distro Minang Baru Sebagai Kompetitor (Studi Kasus Distro Minang di Kota Bukittinggi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Penutup)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pusataka)
Daftar Pustaka Ridho.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full rido.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya pihak Distro Tangkelek dan Kapuyuak dalam mempertahankan pelanggan dengan hadirnya distro Minang baru sebagai kompetitor (studi kasus distro Minang yang ada di Kota Bukittinggi). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan upaya internal yang dilakukan oleh pihak Distro Tangkelek dan Kapuyuak dalam mempertahankan pelanggan. 2) mendeskripsikan upaya eksternal yang dilakukan pihak Distro Tangkelek dan Kapuyuak dalam mempertahankan pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional yang dikemukakan oleh James S Coleman. Sementara itu pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Pihak dari distro seperti, owner, supervisor, kepala cabang, karyawan serta pelanggan. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri atas tahap kodifikasi data, tahap penyajian data, serta tahap menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukan ada persamaan perbedaan upaya internal dan upaya eksternal yang dilakukan pihak kedua distro tersebut dalam mempertahankan pelanggan. Upaya internal dari Pihak Distro Tangkelek: Membangun loyalitas karyawan terhadap distro. Upaya eksternal: Meningkatkan kualitas produk, melakukan penataan produk yang rapi, memperbanyak cabang kedai, melakukan promosi secara online, sering mengikuti event, melakukan pemberian diskon, melakukan pelayanan dengan ramah. Upaya internal dari pihak Distro Kapuyuak: Membangun loyalitas karyawan terhadap distro. Upaya eksternal: Mempertahankan kualitas produk kemudahan tempat parkir, melakukan penataan ruang yang bagus, melakukan promosi secara online, melakukan pelayanan dengan ramah. Kata Kunci: Distro Minang, Upaya Mempertahankan Pelanggan, Teori Pilihan Rasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs.Rinaldi Ekaputra, MSi
Uncontrolled Keywords: Distro Minang, Upaya Mempertahankan Pelanggan, Teori Pilihan Rasional.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:29
Last Modified: 03 Dec 2020 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66584

Actions (login required)

View Item View Item