PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS ANDALAS

RESTIVA, RESTIVA (2020) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengerjaan skripsi menimbulkan banyak permasalahan yang membuat mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi merasakan stres akademik. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya stres akademik adalah individu yang kurang dalam menerapkan strategi self-regulated learning.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 200 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Andalas dengan menggunakan teknik probability sampling. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri atas dua yaitu alat ukur stres akademik dan alat ukur self-regulated learning. Alat ukur stres akademik memiliki reliabilitas sebesar 0,94 dan alat ukur self-regulated learning memiliki reliabilitas sebesar 0,918. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari self-regulated learning terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Andalas. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai R2 (R-square) sebesar 0,109. Hal tersebut berarti bahwa self-regulated learning mempengaruhi stres akademik sebesar 10,9%, sedangkan 89,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, stres akademik, skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:24
Last Modified: 25 Nov 2020 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65356

Actions (login required)

View Item View Item