Wardah, Septi Weri (2020) Nama-Nama Pada Produk Kosmetik Wardah: Kajian Bentuk dan Makna. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. abstrak cover.pdf - Published Version Download (468kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (432kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV Penutup)
3. BAB IV (Penutup).pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (333kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FullText.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Wardah Septi Weri. 1610722047. “Nama-Nama Pada Produk Kosmetik Wardah: Kajian Bentuk dan Makna”. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, 2020. Pembimbing I: Leni Syafyahya, S.S., M.Hum., Pembimbing II: M. Yunis, S.S., M.Hum. Masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Apa saja nama-nama dan bagaimana bentuk kata dalam nama produk kosmetik Wardah? 2) Apa saja jenis makna yang terdapat pada nama produk kosmetik Wardah? Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Mendeskripsikan nama-nama dan bentuk kata dalam nama produk kosmetik Wardah. 2) Mendeskripsikan makna yang terdapat pada nama produk kosmetik Wardah. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Metode dan teknik penyediaan data, 2) Metode dan teknik analisis data, dan 3) Metode dan teknik penyajian hasil analisis data. Pada metode dan teknik penyediaan data, digunakan metode simak. Teknik dasar yang digunakan yaitu teknik sadap, dan teknik lanjutannya menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Pada metode dan teknik analisis data, digunakan metode padan dan metode agih. Metode padan yang digunakan adalah metode padan translasional dan metode padan referensial. Teknik dasar yang digunakan yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP), dan teknik lanjutannya menggunakan teknik hubung banding membedakan (HBB). Selanjutnya, pada metode agih teknik dasarnya adalah teknik bagi unsur langsung (BUL). Pada metode dan teknik penyajian hasil analisis data, digunakan metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan nama-nama produk kosmetik Wardah, contohnya: Lightening, Renew You, dan Exclusive. Setiap nama-nama tersebut, dibagi menjadi dua bentuk kata, yaitu: kata monomorfemis, contohnya Exclusive, Purity, dan Bliss, dan kata polimorfemis, contohnya Lightening, Perfect Bright, dan White Secret. Jenis makna yang terdapat pada nama-nama produk kosmetik Wardah terdiri dari: makna leksikal contohnya Acnederm, Nutri Shine, dan Daily Fresh. Makna gramatikal contohnya: Moist Plus, Crystallure, dan Instaperfect. Makna referensial contohnya: Aloe Hydramild, Seaweed, dan Rose. Makna kognitif contohnya: Crystallure. Nama produk kosmetik Wardah yang memiliki makna lebih dari satu, contohnya: Renew You, Instaperfect, dan Creamy Body Butter. Kata kunci: produk, wardah, bentuk, dan makna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Leni Syafyahya, S.S., M.Hum |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia |
Depositing User: | s1 sastra indonesia |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 04:48 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 04:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64979 |
Actions (login required)
View Item |