Imratil, Edison (2020) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO DALAM MENJARING ADVERTISER (Studi Fenomenologi pada Radio Pronews FM Periode 2016-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (304kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya jumlah advertiser pada Radio Pronews FM periode 2016-2018, padahal pihak Radio Pronews FM telah melaksanakan komunikasi pemasaran untuk menjaring advertiser-nya. Sedangkan selain adanya event dan sponsorship, advertiser merupakan salah satu pendapatan utama sebuah stasiun radio swasta untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan dan menganalisis pengalaman pihak Radio Pronews FM dalam praktik komunikasi pemasaran yang telah dilakukan serta mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan masalah komunikasi pemasaran dalam menjaring advertiser. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Model yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu model Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran telah dilakukan Radio Pronews FM namun dalam praktiknya tiga dari lima kegiatan masih belum maksimal yaitu dalam (a) penggunaan media pembantu promosi (b) mendatangi calon advertiser secara langsung (c) membangun dan mempertahankan relasi dengan baik (d) memahami produk dan segmentasi pasar (e) menjual kelebihan radio dan pemberian bonus. Kemudian faktor yang menimbulkan masalah dalam komunikasi pemasaran Radio Pronews FM berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: Radio Pronews FM, advertiser, komunikasi pemasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 07:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 07:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64617 |
Actions (login required)
View Item |