Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Ny.E dengan Osteoarhtritis Melalui penerapan latihan gerak sendi untuk mengurangi nyeri sendi di kenagarian sarilamak kecamatan harau kabupaten lima puluh kota tahun 2020

Tiara, Angraini (2020) Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Ny.E dengan Osteoarhtritis Melalui penerapan latihan gerak sendi untuk mengurangi nyeri sendi di kenagarian sarilamak kecamatan harau kabupaten lima puluh kota tahun 2020. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
2. BAB I (Pendahuluan)-converted.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V)
3. BAB Akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usia lanjut merupakan periode akhir dari kehidupan manusia yang ditandai dengan adanya perubahan fisiologis, psikologis dan sosial. Salah satu masalah fisiologis yang sering dijumpai pada lansia adalah nyeri sendi dan tulang yang disebabkan oleh osteoarthritis. Osteoartritis merupakan gangguan dari persendian diatrodial yang dicirikan dengan adanya fragmentasi kartilago persendian. Tanda dan gejala dari osteoarthritis seperti nyeri, kaku sendi, spasme otot, krepitasi, keterbatasan gerak sendi (LGS) dan penurunan kekuatan otot. Pada lansia kelolaan didapatkan masalah yaitu nyeri sendi dan tulang (osteoarthritis) sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan komprehensif untuk menangani masalah pada lansia. Latihan gerak sendi merupakan salah satu cara untuk mengatasi nyeri sendi dan tulang pada lansia. Tujuan dari laporan ilmiah ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan yang komprehensif pada masalah nyeri osteoarthritis, dengan menggunakan metode studi kasus dan memberikan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penurunan nyeri osteoarthritis pada lansia setelah dilakukan intervensi yang dibuktikan dengan penurunan hasil NRS (Numeric Rating Scale) dari skala 5 ke skala 2. Diharapkan kepada lansia dan keluarga dapat melakukan latihan gerak sendi ini secara berkesinambungan untuk mengurangi nyeri osteoartritisnya serta melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan pada lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Lansia, Nyeri Sndi dan Tulang (Osteoartritis), Latihan Gerak Sendi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:35
Last Modified: 09 Nov 2020 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64179

Actions (login required)

View Item View Item