ANALISIS PERUBAHAN SUDUT PANDANG PENCERITAAN PADA EKRANISASI TANIN NO KAO DARI NOVEL KE FILM

AULIA PUTRI, AMSA (2020) ANALISIS PERUBAHAN SUDUT PANDANG PENCERITAAN PADA EKRANISASI TANIN NO KAO DARI NOVEL KE FILM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
1 COVER-ABSTRAKK.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENNDAHULUAN))
2 BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP-KESIMPULAN))
3 BAB AKHIR (penutup-kesimpulan).pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
AULIA PUTRI AMSA-1310752014-BISMILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai perubahan sudut pandang penceritaan pada ekranisasi Tanin no Kao dari novel karya Kobo Abe ke film karya Hiroshi Teshogahara. Penelitian ini menjelaskan mengenai unsur instrinsik novel Tanin no Kao, bentuk ekranisasi, dan perubahan sudut pandang penceritaan. Teori yang digunakan adalah teori ekranisasi yang terdiri dari penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil dari analisis yang didapat yaitu, adanya beberapa proses penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Adanya penciutan dari tokoh dan latar tempat. Pada novel dijelaskan bahwa dalam pembuatan topeng, tokoh si ‘Aku’ lebih berambisi dan dominan dalam narasi. Sedangkan dalam film, tokoh si ‘Aku’ tidak banyak aksi dan proses pembuatan topeng dilakukan oleh dokter Hira. Adanya penambahan yaitu pada nama-nama tokoh. Pada novel menggunakan ‘aku’, ‘kamu’, dan dokter K. Sedangkan pada film, tokoh-tokoh tersebut menjadi, Mr. Okuyama dan Dokter Hira. Adanya perubahan variasi dalam opening atau pembukaan. Pada novel dibuka menggunakan si tokoh ‘aku yang menyediakan buku. Sedangkan dalam film, dimulai dengan pernyataan tentang replika bagian tubuh. Perubahan sudut pandang yang terjadi, yakni: perubahan sudut pandang aku dalam menentukan pendapat, ekperimen sosial, kepribadian baru yang tercipta dari topeng, obsesi liar tokoh ‘Aku’

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DONNY EROS,S.S,M.A.
Uncontrolled Keywords: EKRANISASI, UNSUR INSTRINSIK, TANIN NO KAO, PERUBAHAN SUDUT PANDANG PENCERITAAN
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 09 Oct 2020 08:13
Last Modified: 09 Oct 2020 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63760

Actions (login required)

View Item View Item