KRISNA, OCTAVIANI MARLIA (2020) ANALISIS PROSES PELAKSANAAN PROSEDUR KLAIM PASIEN JKN DI RSUD KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Unit Klaim RSUD Kota Padang Panjang merupakan unit yang mengelola proses pelaksanan klaim pasien JKN ke BPJS Kesehatan, Berdasarkan data dari unit klaim masih ditemukan ketidaklengkapan berkas klaim dan pengembalian berkas klaim oleh BPJS Kesehatan karena beberapa persyaratan yang tidak lengkap sehingga tidak bisa diverifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan prosedur klaim pasien JKN di RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2020 Metode Desain penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif dilakukan kepada 8 informan dan ditentukan berdasarkan purposive sampling yang dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2020 di RSUD Kota Padang Panjang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan prosedur klaim pasien JKN di RSUD Kota Padang Panjang belum optimal karena masih ada pasien yang belum memahami sepenuhnya prosedur pendaftaran online, masih ditemukan ketidaklengkapan berkas klaim, keterlambatan penyetoran berkas klaim, tidak semua petugas memeriksa ulang kelengkapan berkas klaim, adanya petugas koding yang tidak berlatar belakang pendidikan rekam medis, belum adanya pelatihan pengkodean diagnosa dan tindakan untuk petugas koding dan pengembalian berkas klaim oleh BPJS Kesehatan. Penyebab pengembalian berkas klaim dari BPJS Kesehatan adalah karena ketidaksesuaian dan ketidaklengkapan pengisian resume medis dan hasil penunjang. Kesimpulan Proses pelaksanaan prosedur klaim pasien JKN di RSUD Kota Padang Panjang belum terlaksana secara optimal sehingga penting untuk dilakukan perbaikan disetiap tahap administrasi klaim, meningkatkan kepedulian petugas dalam pengisian rekam medis dengan lengkap, dan perlu dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan prosedur klaim untuk kelancaran proses klaim di rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Syafrawati, SKM, M. Comm Health Sc |
Uncontrolled Keywords: | jaminan kesehatan nasional, prosedur klaim, rumah sakit |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 07:16 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 07:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61488 |
Actions (login required)
View Item |