EXPRESSIVE ILLOCUTIONARY ACTS AS FOUND IN THREE BEAUTY VLOGGER’S VIDEO ON YOUTUBE

Afira, Nada Hafshah (2020) EXPRESSIVE ILLOCUTIONARY ACTS AS FOUND IN THREE BEAUTY VLOGGER’S VIDEO ON YOUTUBE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
i. cover and abstract.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
ii. BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 4 Penutup)
iii. BAB 4 penutup.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
iv. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text
v. skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe dan fungsi tindak tutur ilokusi ekspresif yang digunakan oleh tiga orang Beauty Vloggers dalam video ulasan produk-produk kecantikan di YouTube. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan cara mengunduh video di Youtube. Kemudian, video diobservasi serta mencatat semua tindak tutur ilokusi ekpresif yang terdapat dalam video. Data yang ditemukan dianalisis menggunakan teori tindak tutur oleh Searle (1979), teori tipe-tipe tindak tutur ekspresif oleh Ronan (2015), fungsi-fungsi dari tindak tutur ekspresif oleh Searle dan Vanderveken (1985), dan teori konteks oleh Leech (1983) digunakan untuk mendeskripsikan tipe dan fungsi dari tindak tutur ekspresif yang diucapkan oleh Beauty Vloggers di dalam video. Data hasil analisis disajikan secara deskriptif dan menggunakan tabel. Dari penelitian ini peneliti menemukan sebanyak 83 tindak tutur ilokusi ekspresif yang digunakan oleh Beauty Vloggers dalam mengulas produk kecantikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipe dominan tindak tutur ekpresif adalah tipe persetujuan dengan persentase 43,37 %. Sementara fungsi dominan tindak tutur ekspresif yang ditemukan adalah fungsi memuji dengan persentase 40,96 %. Ini terjadi karena di dalam tiga video ulasan produk kecantikan yang dipilih, tiga orang Beauty Vlogger ini mengakui, menyukai, dan memberikan dukungan positive terhadap barang-barang yang diulas. Sehingga fungsi dominan yang dapat ditemukan di dalam data secara keseluruhan adalah fungsi untuk memuji. Kata kunci: tindak tutur ekspresif, tipe tindak tutur ekspresif, fungsi tindak tutur ekspresif,pragmatik, beauty vlogger.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novalinda, S.S., M.Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:40
Last Modified: 11 Sep 2020 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61159

Actions (login required)

View Item View Item