Maharani, Putri (2020) Corporate Diplomacy : Peran SM Entertainment melalui New Culture Technology dalam Diplomasi Publik Korea Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (708kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (699kB) | Preview |
|
Text (Full Skripsi)
Skripsi Maharani Putri FIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran SM Entertainment selaku aktor privat (non-negara) dalam diplomasi publik Korea Selatan melalui strateginya yang dinamakan New Culture Technology (NCT). Diplomasi publik merupakan kunci utama dari soft power yang sering digunakan oleh pemerintah berbagai negara di dunia, termasuk Korea Selatan, dalam upaya mencapai kepentingan negaranya dengan memanfaatkan budaya dan aktor swasta. Aktor swasta ini kemudian memberikan kontribusi positif terhadap diserapnya budaya Korea Selatan dengan cepat secara global melalui Korean wave. Penelitian ini berupaya untuk memberikan kontribusi dengan menganalisis strategi perusahaan SM Entertainment yang disebut dengan NCT dan hubungannya dengan diplomasi publik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Korea Selatan dengan menggunakan konsep corporate diplomacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui studi pustaka dengan cara menganalisis aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh SM Entertainment dan melihat di mana kecocokan aktivitas ini dengan corporate diplomacy. Penelitian ini menemukan bahwa peran SM Entertainment dalam diplomasi publik Korea Selatan adalah melakukan berbagai kegiatan perusahaan dengan aplikasi strategi New Culture Technology (NCT) dalam aktivitas diplomasi kebudayaan,penanaman modal asing, kegiatan branding (place/nation/destination), pengembangan brand dan produk, serta pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Sofia Trisni, S.IP, MA (IntRel) |
Uncontrolled Keywords: | SM Entertainment, Korea Selatan, Diplomasi Publik, Corporate Diplomacy, New Culture Technology, Korean wave |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 03:49 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 03:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60962 |
Actions (login required)
View Item |