Gambaran Kecemasan Preoperatif (satu hari sebelum operasi) Pada Pasien Yang Akan Dilakukan Operasi Elektif Di RSUP Dr M.Djamil Padang

ALFATHUSH, SHALIHAH (2020) Gambaran Kecemasan Preoperatif (satu hari sebelum operasi) Pada Pasien Yang Akan Dilakukan Operasi Elektif Di RSUP Dr M.Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Abstrak Alfathush Shalihah.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 Alfathush Shalihah .pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB akhir Alfathush Shalihah.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Alfathush Shalihah.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
skripsifullwatermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagian besar pasien yang akan menjalani pembedahan, mengalami kecemasan preoperatif. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi pasien pada berbagai fase perioperatif. Walaupun begitu, kecemasan preoperatif belum dimanajemen secara sistematik dan informasi mengenai kecemasan preoperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecemasan pada pasien yang akan menjalani operasi elektif di RSUP Dr. M. Djamil padang. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis cross sectional study. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 145 pasien yang akan menjalani operasi elektif, dan diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner The Amsterdam Preoperative Anxiety and Information Scale (APAIS) dan Zung Self-Rating Anxiety Scale (ZSAS). Hasil penelitian mendapatkan 40,7% pasien mengalami kecemasan preoperatif menurut hasil kuesioner APAIS dan hanya 22,1% pasien mengalami kecemasan berdasarkan skor pada kuesioner ZSAS, yang mana seluruhnya dalam tingkat ringan-sedang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar pasien tidak mengalami kecemasan preoperatif, baik berdasarkan hasil yang didapat dari kuesioner APAIS maupun ZSAS. Meski demikian, diharapkan agar dilakukan evaluasi secara sistematik dan manajemen yang baik terhadap kecemasan preoperatif ini, sebagai bagian dari peningkatan kualitas pelayanan pasien, terutama pada fase perioperatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. M Zdulfadli Syahrul Sp.An
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:09
Last Modified: 24 Jul 2020 03:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59211

Actions (login required)

View Item View Item