SEPTRIANI, RIFKA (2020) MARKETING POLITIK PASANGAN CALON GENIUS UMAR - MARDISON MAHYUDDIN DALAM PILKADA KOTA PARIAMAN TAHUN 2018. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (abstrak)
COVER & abstrak scholar.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (bab i)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (490kB) | Preview |
|
|
Text (bab akhir)
BAB III PENUTUP.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (306kB) | Preview |
|
Text (full text)
full tesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya hambatan yang dialami pasangan calon Genius Umar - Mardison Mahyuddin dalam kampanye Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018 lalu. Mulai dari konflik personal dengan penguasa, diserang blackcampaign secara massive, terjadinya perpecahan suara, hingga aturan KPU tentang pembatasan dana kampanye. Anehnya justru paslon yang paling banyak diterpa hambatan inilah yang berhasil memenangkan Pilkada tersebut dengan satu kali putaran. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana marketing politik yang dilakukan pasangan Genius-Mardison dalam Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018, ditinjau dari pendekatan push marketing, pull marketing, dan pass marketing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam penentuan informannya menggunakan teknik purposif. Data yang didapat bersumber dari studi pustaka, studi lapangan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan marketing politik yang dilakukan Genius-Mardison melalui pendekatan push marketing yaitu berupa kampanye door to door, kampanye terbuka seperti seminar dan forum diskusi, pendekatan langsung terhadap warga seperti ikut olahraga pagi, mendatangi rumah duka, hajatan, rumah ibadah, dan sebagainya. Pendekatan pull marketing yakni berupa pemanfaatan media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media sosial untuk menaikkan citra diri kandidat dan mengonter isu negatif/ blackcampaign. Pendekatan pass marketing yakni dengan menggaet ninik mamak, kepala adat/ tokoh adat, tokoh politik, tokoh intelektual dan pemuka lainnya untuk memobilisasi suara kelompoknya masing-masing. Simpulan penelitian ini bahwa marketing politik yang dilakukan Genius-Mardison beserta tim sukses sudah memenuhi ketiga unsur pendekatan dalam marketing politik tersebut dan terbukti berhasil memenangkan Pilkada Kota Pariaman Tahun 2018 lalu, hanya saja ada beberapa unsur pendekatan marketing politik yang apabila dimaksimalkan maka bisa memberikan hasil yang jauh lebih efektif. Kata Kunci: Marketing Politik, Push Marketing, Pull Marketing dan Pass Marketing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Najmuddin, M.Pd., P.hD |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, Push Marketing, Pull Marketing dan Pass Marketing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 07:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 07:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/58208 |
Actions (login required)
View Item |