Adrizal, Adrizal (2019) Analisis Pelayanan Resep Konvensional Dan Elektronik Serta Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di RSUD M.Natsir Solok Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
halaman cover.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (55kB) | Preview |
|
Text (TA Fulltext)
TA fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rumah Sakit wajib memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah di tetapkan. Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di rumah sakit dapat dilakukan dengan penerapan peresepan elektronik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan kefarmasian antara peresepan konvensional dan peresepan elektronik. Desain penelitian adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Sampel berjumlah 431 resep diambil dengan teknik random sampling. Uji statistik pada variabel waktu tunggu dan kepuasan pasien yaitu uji t–independen sedangkan variabel kesalahan pemberian obat dan kesesuaian resep dengan formularium digunakan uji chi_square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan waktu tunggu (p value:0,000), kepuasan pasien (p value:0,000) dan kesesuaian resep dengan formularium (p value:0,000) antara peresepan elektronik dengan peresepan konvensional. Namun tidak terdapat perbedaan kejadian kesalahan pemberian obat antara peresepan elektronik dengan peresepan konvensional (p value:0,063). Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian pada peresepan elektronik lebih baik dibandingkan dengan peresepan konvensional. Pimpinan dan manajerial RSUD M.Natsir hendaknya mengimplementasikan peresepan elektronik ini pada instalasi rawat jalan dan rawat inap sehingga kualitas pelayanan kefarmasian dapat ditingkatkan. Kata Kunci : waktu tunggu, kepuasan pasien, peresepan konvensional, peresepan elektronik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Fatma Sriwahyuni, Apt. |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 farmasi farmasi |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 11:45 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 11:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55756 |
Actions (login required)
View Item |