STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PANJANG PERKUATAN SEMEN GROUTING TERHADAP KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG TANPA SENGKANG

Friska, Mirza Fairuz (2020) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PANJANG PERKUATAN SEMEN GROUTING TERHADAP KAPASITAS GESER BALOK BETON BERTULANG TANPA SENGKANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gempa yang mengakibatkan banyaknya kerusakan bangunan harus dilakukan penanganan secepatnya, agar dapat digunakan kembali sesuai dengan fungsinya. Perkembangan ilmu material saat ini telah memberikan jawaban untuk perbaikan dan perkuatan struktur yang telah mengalami kerusakan dengan memanfaatkan salah satu material yaitu Semen Grouting. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kapasitas geser balok beton bertulang tanpa sengkang yang diberi perkuatan semen grouting pada bentang geser balok. Semen grouting yang diberi divariasikan berdasarkan panjang perkuatan, diantaranya: 400 mm dan 800 mm. Selain itu jumlah tulangan tariknya juga divariasikan. Benda uji yang digunakan berjumlah 9 balok dengan identifikasi 3 balok tanpa menggunakan perkuatan (BSC-01, BSC-02, dan BSC-03), 3 balok dengan panjang perkuatan 400 mm (BSS 1-01, BSS 1-02, BSS 1-03), dan 3 balok dengan panjang perkuatan 800 mm (BSS 2-01, BSS 2-02, BSS 2-03). Dari hasil penelitian kapasitas geser balok beton bertulang yang dipengaruhi oleh rasio tulangan tarik dan variasi panjang perkuatan semen grouting. Rasio tulangan yang semakin besar akan memberikan kapasitas geser yang juga semakin besar. Untuk balok yang menggunakan semen grouting sebagai perkuatan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas geser balok, tetapi pada saat perkuatan semen grouting mengalami peristiwa debonding yang diakibatkan bond yang berfungsi sebagai rekatan antara semen grouting dengan beton tidak bekerja dengan sempurna maka terjadi penurunan kapasitas geser balok sehingga beban pada saat kegegalan yang dipikul tidak meningkat dari balok tanpa perkuatan. Seandainya kelekatan bond terhadap semen grouting dengan beton itu baik dan bekerja dengan sempurna, maka kapasitas geser akan mengalami peningkatan dari balok tanpa perkuatan. Dari penelitian juga dapat disimpulkan bahwa panjang perkuatan semen grouting 800 mm pada bentang geser balok lebih baik digunakan dari pada panjang perkuatan semen grouting 400 mm, dikarenakan perkuatan dengan panjang 800 mm penurunannya lebih kecil dan lebih mendekati dari nilai balok tanpa perkuatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Riza Aryanti, M.T.
Uncontrolled Keywords: Balok Beton Bertulang Tanpa Sengkang, Rasio Tulangan Tarik, Kapasitas Geser, Perkuatan Semen Grouting.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 Jan 2020 15:59
Last Modified: 20 Jan 2020 15:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55459

Actions (login required)

View Item View Item