HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP RESIKO TERJADINYA EPRESI POSTPARTUM PADA IBU PRIMIPARA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2019

HANIFA, AMALIA (2020) HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI TERHADAP RESIKO TERJADINYA EPRESI POSTPARTUM PADA IBU PRIMIPARA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI lengkapp.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Depresi postpartum merupakan gangguan suasana hati pada ibu postpartum yang terjadi dalam enam bulan setelah melahirkan. Tanda dan gejalanya berupa kemurungan, kesedihan mendalam dan berkelanjutan serta hilangnya gairah hidup. Prevalensi depresi postpartum secara global berkisar antara 0,5% hingga 60,8. Angka kejadian postpartum blues di Indonesia antara 50%–70 dan angka kejadian depresi postpartum tercatat sebanyak 22,4%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan dukungan suami dengan resiko terjadinya depresi postpartum pada ibu primipara. Penelitian dilakukan terhadap 139 orang ibu primipara di empat kelurahan yang mencangkup wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner EPDS (Edinburgh Postnatal Depression Scale) dan kuisioner dukungan suami. Hasil penelitian ini menyatakan lebih dari separuh (53,2%) responden beresiko mengalami depresi postpartum. sebagian besar responden (60,4%) mendapat dukungan suami baik. Analisa data dilakukan menggunakan analisis uji chi-square yang menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan suami dengan resiko terjadinya depresi postpartum dengan p-value 0,000. Diharapkan adanya deteksi dini terhadap ibu yang beresiko untuk mencegah terjadinya depresi postpartum dan edukasi kepada suami dan keluarga untuk selalu memberikan dukungan kepada ibu selama hamil, melahirkan dan periode nifas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. YANTI PUSPITA SARI, S.kep, M.kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2020 14:53
Last Modified: 21 Jan 2020 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54967

Actions (login required)

View Item View Item