HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN REGULASI EMOSI PADA PELAJAR DI SMAN 12 PADANG TAHUN 2019

SANDRI, SANDRI (2020) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN REGULASI EMOSI PADA PELAJAR DI SMAN 12 PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER + ABSTRAK)
COVER + DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
water mark skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penurunan regulasi emosi pada remaja merupakan sesuatu hal yang mengkwatirkan, karena membuat emosi remaja tidak terkontrol dan dapat melakukan kekerasan pada orang lain. Salah satu faktor penyebab perubahan regulasi emosi pada remaja adalah game online. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kecanduan game online dengan regulasi emosi pada pelajar Di SMAN 12 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan metode korelatif pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik startifed random sampling. Penelitian dilakukan pada 27-29 November 2019 Di SMA N 12 Padang dengan populasi 963 siswa dan sampel 303 siswa. Kusioner yang digunakan kusioner kecanduan game online dan Emotion Regulation Questionnaire (ERQ). Hasil penelitian didapatkan median kecanduan game online 16,00 dengan nilai terendah 0 dan nilai tertinggi 28 dan median regulasi emosi 43,00 dengan nilai terendah 10 dan nilai tertinggi 70. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi spearmean. Penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara kecanduan game online dengan regulasi emosi dengan p Value=0,001 (p<0,05), dengan arah korelasi negatif (r=-0,185). Pihak sekolah dapat membuat sebuah pelatihan kontrol diri dan untuk guru dapat menggunakan metode belajar diskusi kelompok, orang tua dapat membuat kesepakatan dengan remaja tentang waktu bermain dan belajar. Serta bagi perawat bisa melakukan promosi kesehatan tentang game online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, S. Kep, M. Kep. SpJ
Uncontrolled Keywords: Game online, regulasi remaja dan pelajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:44
Last Modified: 16 Jan 2020 15:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54945

Actions (login required)

View Item View Item