Penerapan Sistem Short Message Service (SMS) Blast Dalam Pelelangan Barang Jaminan Pada Pt. Pegadaian Cabang Terandam

Ranika, Aditya (2020) Penerapan Sistem Short Message Service (SMS) Blast Dalam Pelelangan Barang Jaminan Pada Pt. Pegadaian Cabang Terandam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Penutup))
Bab V (Penutup).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (TA Full Utuh)
TA Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi di Indonesia, banyak perusahaan yang menggunakan sistem teknologi yang ditandai dengan kemudahan dan kecepatan aliran informasi dari satu pengguna ke pengguna yang lainnya. Salah satu teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan yaitu SMS (Short Message Service) Blast. SMS (Short Message Service) Blast merupakan pesan teks yang dikirim sesama antar telepon seluler. Teks pesan singkat atau SMS Blast juga sering disebut SMS marketing sebagai suatu cara mengirimkan pesan kepada nasabah oleh perusahaan yang bertujuan untuk mengingatkan nasabah dalam pelelangan barang jaminan. SMS Blast juga termasuk bagian dari direct marketing atau pemasaran secara langsung yakni menggunakan brosur dalam berhubungan dengan konsumen secara langsung untuk memasarkan sesuatu. PT. Pegadaian merupakan salah satu lembaga perkreditan non bank yang kegiatan utamanya menyalurkan uang pada masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah yakni berupa pinjaman ataupun kredit dengan barang bergerak sebagai jaminan yang didasarkan atas hukum gadai. Dalam proses penggadaian terlebih dahulu nasabah melakukan perjanjian untuk dapat menggadai pada PT. Pegadaian, dengan menggunakan jaminan agar nasabah dapat memberikan kepastian untuk segera mengembalikan pinjaman yang dilakukan oleh nasabah, tetapi nasabah sering melupakan perjanjian antar kedua belah pihak yang telah disepakati bersama, dan telah jatuh tempo sehingga barang jaminannya dilelang. Lelang sebagai resiko terberat nasabah yang harus diterimanya, karena jatuh tempo dan nasabah akan kehilangan barangnya yang telah dijadikan barang jaminan untuk peminjaman pada PT. Pegadaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Venny Darlis, SE, M.Rm
Uncontrolled Keywords: SMS Marketing,Komunikasi Pemasaran,SMS (Short Message Service) Blast
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:53
Last Modified: 14 Jan 2020 15:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54827

Actions (login required)

View Item View Item