HUBUNGAN PARENTAL MONITORING DENGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO PADA REMAJA DI DESA TARATAK PANAS, NAGARI AMPING PARAK TIMUR KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2019

ANDRY, HUTAMA IHSAN (2020) HUBUNGAN PARENTAL MONITORING DENGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO PADA REMAJA DI DESA TARATAK PANAS, NAGARI AMPING PARAK TIMUR KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
ANDRY HUTAMA IHSAN - 1811316014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketika memasuki usia remaja, rangsangan seksual pada remaja mulai meningkat. Keingintahuan tinggi terhadap ransangan seksual menyebabkan remaja melakukan perilaku seksual berisiko, sehingga akan berakibat buruk pada remaja, bahkan bisa terjadi penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS dan kehamilan diluar nikah. Maka perlunya pengawasan orangtua sehingga terhindar dari perilaku seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan parental monitoring dengan perilaku seksual berisiko remaja di Desa Taratak Panas, Nagari Amping Parak Timur, Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif koleratif menggunakan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel adalah Quota Sampling. Sampel pada penelitian ini 93 remaja. Analisis data dilakukan dengan uji Spearman. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara parental monitoring dengan perilaku seksual berisiko (p=0,001) dengan kekuatan lemah (r =-0,333). Terdapat kolerasi antara parental monitoring dengan perilaku seksual berisiko pada remaja dengan arah negative. Orang tua diharapkan dapat melakukan pengawasan dengan meningkatkan kontrol terhadap remaja dalam kehidupan sehari-hari. Pelayanan kesehatan diharapkan bisa melakukan sosialisasi dan pendidikan kesehatan tentang masalah seksual sehingga remaja terhindar dari perilaku seksual berisiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Uncontrolled Keywords: perilaku seksual berisiko, parental monitoring, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Jan 2020 11:04
Last Modified: 14 Jan 2020 11:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54719

Actions (login required)

View Item View Item