Yunita, Yunita (2020) HUBUNGAN PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SDN 02 CUPAK TANGAH DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (306kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full taxt)
SKRIPSI full taxt.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Januari 2020 Nama : Yunita No BP : 1811316026 Hubungan Peran Kelompok Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying di SDN 02 Cupak Tangah di Kecamatan Pauh Kota Padang Tahun 2019 ABSTRAK Bullying adalah suatu keinginan untuk menyakiti orang lain dengan sengaja agar orang lain menderita, yang dilakukan secara fisik, verbal dan sosial. Peran kelompok teman sebaya baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan sekitar tempat tinggal dapat mempengaruhi anak memiliki perilaku bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying. Jenis penelitian adalah descriptive analytic dengan menggunakan pendekatan cross sectional, yang dilaksanakan di SDN 02 Cupak Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 172 orang. Instrument penelitian ini adalah instrument perilaku bullying yang terdiri dari 9 pernyataan, uji validitas dengan nilai cronbach’s alpha 0,970, dan instrument peran kelompok teman sebaya yang terdiri dari 16 pernyataan, uji validitas dengan nilai cronbach’s alpha 0,878. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian Univariat pada peran kelompok teman sebaya, didapatkan sebanyak 98 orang (57,0%) memiliki peran kelompok teman sebaya rendah, dan 74 orang (43,0%) memiliki peran kelompok teman sebaya tinggi. Pada perilaku bullying didapatkan sebanyak 93 orang (54,1%) sebagai pelaku bullying rendah, dan 79 orang (45,9%) sebagai pelaku bullying tinggi. Hasil Bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara peran kelompok teman sebaya dengan perilaku bullying sebagai pelaku dengan p value = 1,00 (p>0,05). Hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah agar selalu melakukan pengawasan terhadap kegiatan dalam kelompok siswa dan mengarahkan kelompok yang terbentuk antar siswa kepada kelompok belajar. Kata kunci : Perilaku bullying, kelompok teman sebaya, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Hermalinda, M. Kep., Ns. Sp. KepAn |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 10:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 10:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54530 |
Actions (login required)
View Item |