KAJI EKSPERIMENTAL PENERAPAN PEREDAM KEJUT BERBASIS PERUBAHAN MOMENTUM PADA LANDING GEAR PESAWAT TANPA AWAK

NURMANSYAH, NURMANSYAH (2019) KAJI EKSPERIMENTAL PENERAPAN PEREDAM KEJUT BERBASIS PERUBAHAN MOMENTUM PADA LANDING GEAR PESAWAT TANPA AWAK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover+Abstrak)
Cover + Abstark.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesawat tanpa awak atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) merupakan teknologi masa depan yang terus dikembangkan. Dalam hal ini penelitian makalah mengkaji respon percepatan getaran struktur dari nose landing gear pesawat tanpa awak. Landing gear merupakan bagian dari pesawat yang menerima beban kejut terbesar saat terjadi pendaratan (landing). Hal ini diakibatkan besarnya amplitudo percepatan maksimum getaran landing gear saat mengalami beban kejut. Fenomena ini menyebabkan landing gear mengalami kerusakan akibat getaran berlebih. Oleh karena itu beban kejut yang tidak terkendalikan dapat merusak struktur landing gear dan bahkan merusuk struktur rangka pesawat. Untuk mereduksi amplitudo percepatan maksimum getaran akibat mengalami beban kejut saat pendaratan, diterapkan suatu metode perpindahan momentum pada perancangan landing gear. Percobaan penelitian dilakukan dengan menggunakan prinsip perpindahan momentum pasif, pengujian tersebut dilakukan dengan menjatuhkan landing gear pada ketinggian tertentu. Saat landing gear mengalami beban kejut, energi kinetik dan momentum akan dipindahkan ke sistem PMEID sehingga landing gear tetap dalam kondisi stabil. Percobaan tersebut memberikan keluaran berupa amplitudo percepatan getaran pada landing gear yang diukur dengan sensor accelerometer pada massa utama landing gear. Selanjutnya respon getaran akan dikirim ke voltage amplifier diteruskan ke digital signal processing dan ditampilkan di monitor komputer. Hasil pengujian membuktikan pengaplikasian metode perpindahan momentum pada perancangan landing gear dapat mereduksi amplitudo percepatan maksimum getaran saat mendarat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lovely Son Prof. Dr -ing. Mulyadu Bur
Uncontrolled Keywords: Unmanned Aerial Vehicle, landing gear, maximum vibration acceleration amplitude, passive momentum transfer
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 25 Oct 2019 17:37
Last Modified: 25 Oct 2019 17:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52727

Actions (login required)

View Item View Item