Analisis Kepuasan Konsumen pada Usaha Kipang H. Anas di Kota Padang

Nasreza, Dzuhri Illahia (2025) Analisis Kepuasan Konsumen pada Usaha Kipang H. Anas di Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER_ABSTRAK_DZUHRI SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I DZUHRI ILLAHIA NASREZA_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP DZUHRI_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DZUHRI ILLAHIA NASREZA_SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full text)
FULL TEXT DZUHRI ILLAHIA_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu UMKM yang memproduksi kue tradisional kipang di Kota Padang adalah Usaha Kipang H. Anas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen kipang serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Kipang H. Anas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik accidental sampling kepada 60 responden yang datang langsung ke outlet. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian karakteristik konsumen secara demografis menunjukkan bahwa konsumen didominasi perempuan berusia lebih dari 35 tahun, sudah menikah, bekerja sebagai pegawai, memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari empat orang, berpendidikan S1, berpendapatan lebih dari tiga juta per bulan, dan berdomisili di Kota Padang. Karakteristik secara aspek konsumen, pembelian dilakukan satu kali sebulan sebanyak 2–5 bungkus per transaksi, kunjungan pada hari kerja maupun libur dengan waktu dominan pada sore hari, telah mengonsumsi kipang lebih dari satu tahun, mengenal produk ini dari keluarga atau kerabat dengan alasan utama pembelian adalah rasa yang enak dan sesuai selera. Tingkat kepuasan berdasarkan analisis CSI berada pada kategori sangat puas dengan nilai sebesar 84,84%, sedangkan analisis IPA menunjukkan bahwa atribut yang perlu ditingkatkan adalah kemasan produk dan lokasi outlet. Pada kemasan disarankan untuk memperbaiki desain serta mencantumkan informasi penting, seperti kode produksi, tanggal kadaluarsa, komposisi bahan, dan isian produk agar memberi kemudahan bagi konsumen. Selain itu, pada lokasi usaha perlu dipastikan bahwa titik koordinat outlet sesuai dengan pencarian di aplikasi Google Maps agar konsumen lebih mudah menemukan lokasi usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Widya Fitriana, S.P., M.Si; Dr. Afrianingsih Putri, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Konsumen; Kepuasan Konsumen; Kipang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: S1 Agribisnis Agribisnis
Date Deposited: 05 Nov 2025 09:06
Last Modified: 05 Nov 2025 09:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514752

Actions (login required)

View Item View Item